PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BAJU SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA NATHAWEAR

Oktopriyani, Dina (2023) PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BAJU SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA NATHAWEAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BAJU SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA NATHAWEAR] Text (PERANCANGAN DESAIN KEMASAN BAJU SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA NATHAWEAR)
Dina Oktopriyani Repository.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACT

The most difficult thing right now for businessmen is definitely competing with other competitors who have their own uniqueness in every product display that will be marketed. Not many business people realize that design is a marketing strategy for their business, especially a packaging for the product to be sold. Nathawear is one of the MSMEs engaged in fashion, especially women, since 2021. By getting complaints there is a decline in the marketing of their products. The appearance of an attractive packaging design is the first thing that becomes the center of attention when consumers see a product purchased in a business product. So from the formulation of the problem obtained from this research is the process of designing clothing packaging that makes a marketing strategy to consumers. The aim of this research is to make packaging design for Nathawear products a marketing strategy. This design process consists of several stages, starting from observation, literature study to interviews, with identification of problems and gathering information related to the design. The information obtained is then applied to the packaging design concept process through the stages of sketching, layouting, digitizing using Adobe Illustrator Creative Clouds 2018 and Adobe Photoshop Creative Clouds 2018 until the final result of this design is a Flat totebag-shaped package, with two sizes (40cm x 5cm x 30cm) for packaging with more than one product, the size (30cm x 5cm x 25cm) of one product packaging and made of transparent plastic mica (0.50mm) uses toyobo cloth and the design will be screen printed or printed.

Keywords : Design, Packaging Design, Marketing Strategy

ABSTRAK

Hal yang tersulit saat ini untuk para pebisnis pastinya bersaing dengan para competitor lain yang memiliki keunikan masing-masing pada setiap tampilan produk yang akan dipasarkan. Tidak banyak pebisnis sadar bahwa perancangan merupakan salah satu strategi pemasaran untuk bisnis mereka terkhususnya sebuah pengemasan pada produk yang akan dijual. Nathawear merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang fashion khususnya wanita, sejak tahun 2021. Dengan mendapatkan keluhan adanya penurunan dalam pemasaran produk mereka. Tampilan desain kemasan yang menarik merupakan hal yang menjadi pusat perhatian pertama kali ketika konsumen melihat suatu produk yang dibeli pada produk bisnis. Maka dari rumusan permasalahan yang didapat dari penelitian ini adalah proses pada desain kemasan baju yang menjadikan strategi pemasaran kepada konsumen. Adapun yang menjadi tujuan pada penelitian ini yaitu ingin menjadikan desain kemasan pada produk Nathawear sebagai strategi pemasaran. Proses perancangan ini terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari observasi, studi pustaka hingga wawancara, dengan identifikasi masalah dan pengumpulan informasi yang berkaitan dengan perancangan. Informasi yang didapat kemudian diterapkan untuk proses konsep desain kemasan melalui tahapan sketsa, layouting, digitalisasi menggunakan Adobe Illustrator Creative Clouds 2018 dan Adobe Photoshop Creative Clouds 2018 hingga hasil akhir dari perancangan ini adalah kemasan berbentuk Flat totebag, dengan memiliki dua ukuran (40cm x 5cm x 30cm) untuk kemasan yang produknya lebih dari satu, ukuran (30cm x 5cm x 25cm) kemasan satu produk dan berbahan plastic mika transparan (0,50mm) menggunkan kain toyobo dan desain akan disablon atau dicetak.

Kata Kunci : Perancangan, Desain Kemasan, Strategi Pemasaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Pembimbing 1 : Dewantoro Lase S.Kom, M.Kom 2. Pembimbing 2 : Juwairiah S.Pd, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perancangan, Desain Kemasan, Strategi Pemasaran
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NE Print media
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Dina Oktopriyani
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:03
Last Modified: 11 Sep 2023 02:03
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item
View Item