PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA USAHA TOKO UNEDO CELL

Hutapea, Aico Fenansia (2023) PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA USAHA TOKO UNEDO CELL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA USAHA TOKO UNEDO CELL] Text (PERANCANGAN DESAIN IDENTITAS VISUAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA USAHA TOKO UNEDO CELL)
Preeliminari Aiko.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT
The TA object in this report is a visual identity for the Unedo Cell Store. The ex-istence of a visual identity allows companies to convey their vision and mission easily and makes them better known to consumers. Unedo Cell is a startup en-gaged in the cellular sector, especially in the service gadget sector with various brands, which currently requires an identity as a promotional medium. The pur-pose of this research is to find out the process of creating a visual identity at the Unedo Cell store. The literature review takes the theory from Ashfihanis and Siswanto, which explains that visual identity is everything related to logo design, banners, identity cards, and website design. The methods used in this final project report are observation and interviews. The data shows that there are many cellu-lar shops circulating in that location, causing a high level of competition between stores. This visual identity will produce works in the form of banners, goodie bags, and ID cards. This visual identity will be designed through several stages, such as the stages of sketching, layout, and digitization using Adobe Photoshop CC 2019 and Adobe Illustrator CC 2019 software, and then followed by the final stage, namely the printing process. The conclusion of this final project is to design this visual identity through three stages: pre-production, production, and post-production.
Keywords: Design, Visual Identity, Promotional Media

ABSTRAK
Objek TA pada laporan ini adalah identitas visual pada Toko Unedo Cell. Adanya identitas visual memungkinkan perusahaan untuk menyampaikan visi dan misi perusahaan dengan mudah dan membuat perusahaan lebih dikenal oleh konsumen. Unedo Cell merupakan sebuah usaha rintisan yang bergerak dibidang selular, khususnya di bidang service gadget dengan berbagai merek, yang saat ini membutuhkan sebuah identitas sebagai media promosi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembuatan identitas visual pada toko Unedo Cell. Tinjauan pustaka mengambil teori dari Ashfihanis & Siswanto yang menjelaskan bahwa identitas visual merupakan segala sesuatu yang berkaitan dengan desain logo, banner, kartu identitas, dan desain website. Metode pada laporan tugas akhir ini adalah observasi dan wawancara yang diperoleh data bahwa banyaknya toko selular yang beredar di lokasi tersebut, menyebabkan tingginya tingkat persaingan antar toko. Identitas visual ini akan menghasilkan karya dalam bentuk banner, Goodie bag dan juga Id-Card. Identitas visual ini akan dirancang melalui beberapa tahapan, seperti tahapan sketsa, layout, dan digitalisasi menggunakan software Adobe Photoshop CC 2019 dan Adobe Illustrator CC 2019 dan kemudian akan dilanjut dengan tahapan akhir, yaitu proses cetak. Simpulan tugas akhir ini adalah perancangan identitas visual ini melalui 3 tahapan, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Kata Kunci : Perancangan, Identitas Visual, Media Promosi

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dosen Pembimbing 1 : Suhendra, ST.,M.Kom 2. Dosen Pembimbing 2 : Rommel Sinaga, S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Identitas Visual, Media Promosi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Aico Fenansia Hutapea
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:47
Last Modified: 25 Sep 2023 07:47
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/6963

Actions (login required)

View Item
View Item