Perancangan Modest wear brand kayo Pewarna alami dengan Teknik kuas dan mix Teknik Rust Dyeing

Wulan Fitrianti, Wulan (2023) Perancangan Modest wear brand kayo Pewarna alami dengan Teknik kuas dan mix Teknik Rust Dyeing. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Modest wear brand kayo Pewarna alami dengan Teknik kuas dan mix Teknik Rust Dyeing] Text (Perancangan Modest wear brand kayo Pewarna alami dengan Teknik kuas dan mix Teknik Rust Dyeing)
repository_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (612kB)

Abstract

ABSTRAK

Here is one of the local brands in South Jakarta, namely Kayo official brand owned by Mrs. Yusmelia Febrina which is a brand with Modest wear clothing. Therefore the author raises the problem of designing Modest wear clothing products for the brand, namely there is a project that is delayed in October, namely the rust dyeing project with a blend of natural dyes to be produced. As explained by Mrs. Yusmelia Febrina that there are still many deficiencies in the development of motifs using the rust dyeing technique, in terms of the coloring which is still unclear or outgoing and the motifs are still monotonous, therefore it still looks unattractive when marketed. kayo official brand has a characteristic in detailing clothes, namely by using the lasercut technique and at this time I want to try using the sashiko technique because it is a trend this year, so that it can attract more consumers in the market. The target market for the Kayo official brand is metropolitan women, coming from urban and surrounding areas, women aged 26-35 years who have an urban lifestyle, are trendy and like to socialize. Women who like natural colors and like Indonesian culture.
Keywords: Rust dyeing, natural dyes and Modest wear

Berikut salah satu brand lokal di Jakarta Selatan yaitu Kayo official brand yang dimiliki oleh ibu Yusmelia Febrina yang merupakan brand dengan busana Modest wear. Maka dari itu penulis mengangkat permasalahan perancangan produk busana Modest wear yang ada pada brand tersebut yaitu ada project yang tertunda di bulan Oktober yaitu project rust dyeing dengan perpaduan pewarna alami untuk diproduksi. Sebagaimana yang dipaparkan oleh ibu Yusmelia Febrina bahwa masih banyak kekurangan dalam pengembangan motif dengan menggunakan teknik rust dyeing ini, dari segi pewarnaannya yang masih belum jelas atau keluar serta dari motifnya yang masih monoton, maka dari itu masih terlihat belum menarik jika dipasarkan. kayo official brand memiliki ciri khas pada detail busana yaitu dengan menggunakan teknik lasercut dan pada saat ini ingin mencoba menggunakan teknik sashiko karena sedang trend ditahun ini, agar lebih dapat menarik konsumen di pasaran. Target market brand Kayo official brand yaitu wanita metropolitan, berasal dari wilayah perkotaan dan sekitarnya, wanita yang berusia 26-35 tahun yang memiliki gaya hidup urban, trendy dan suka bersosialisasi. Wanita yang menyukai warna-warna alam dan menyukai budaya Indonesia.
Kata kunci: Rust dyeing , pewarna alami dan Modest wear

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Rachmawaty, S.Pd, M.Ds. 2.Florentina Br. Ginting, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Rust dyeing , pewarna alami dan Modest wear, Rust dyeing, natural dyes and Modest wear.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Wulan Fitrianti
Date Deposited: 12 Oct 2023 01:38
Last Modified: 12 Oct 2023 01:38
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7539

Actions (login required)

View Item
View Item