PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK IKAN TUNA BERLAYAR (ITUBER)

Heriansa, Heriansa (2023) PERANCANGAN KONTEN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK IKAN TUNA BERLAYAR (ITUBER). Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Konten Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ikan Tuna Berlayar] Text (Perancangan Konten Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ikan Tuna Berlayar)
LAPORAN TUGAS AKHIR HERIANSA 20642021-1-15.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution No Derivatives.

Download (708kB)

Abstract

ABSTRACT
Social media is currently not only used as a means of communication and socialization, but is also used as a marketing tool. Instagram and Facebook are social media that have very large users in Indonesia which are suitable for marketing products. Ikan Tuna Sailing (ITUBER) is a business brand in the culinary field, especially tuna, which uses Instagram and Facebook as promotional media. However, the content that is made is less attractive so that the intended target market is less interested in the content. This final project aims to design social media content to increase sales of Sailing Tuna (ITUBER) products. The implementation method used is pre-production by determining the concept of ideas, colors, and typography used, then production with a design process which then plans a content timeline for making the social media Ituber, and finally production, namely uploading content to social media and viewing insight posts. Data collection methods are supported by observation, interviews, and questionnaires. The results of the final task of compiling content that has been uploaded on social media have an impact by increasing insight posts.
Keywords: Content, Social Media, Instagram, and Facebook.

ABSTRAK
Media sosial saat ini tidak hanya digunakan sebagai saran komunikasi dan besosialisasi, tetapi juga digunakan sebagai salah satu alat pemasaran. Instagram dan Facebook merupakan media sosial yang memiliki pengguna sangat besar di Indonesia yang cocok digunakan untuk memasarkan produk. Ikan Tuna Berlayar (ITUBER) adalah brand usaha di bidang kuliner khususnya ikan tuna yang menggunakan Instagram dan Facebook sebagai media promosi. Akan tetapi, konten yang dibuat kurang menarik sehingga target pasar yang dituju kurang tertarik dengan konten tersebut. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang konten media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Ikan Tuna Berlayar (ITUBER). Metode pelaksanaan yang digunakan adalah praproduksi dengan menentukan konsep ide, warna, dan tipografi yang digunakan, kemudian produksi dengan proses desain yang selanjutnya pembuatan content timeline plan media sosial Ituber , dan terakhir pascaproduksi yaitu mengunggah konten ke media sosial dan melihat insight postingan. Metode pengumpulan data didukung dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil tugas akhir perancangan konten yang telah diunggah di media sosial memberikan dampak dengan meningkatnya insight postingan.
Kata Kunci : Konten, Media Sosial, Instagram, dan Facebook.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Syahrir Nawir Nur, S.Sos, M.I.Kom 2. Lukytta Gusti Acfira, SE, M.Ak
Uncontrolled Keywords: KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM FACEBOOK
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Makasar > Prodi Periklanan
Depositing User: Heriansa Heriansa
Date Deposited: 20 Oct 2023 01:57
Last Modified: 20 Oct 2023 01:57
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7655

Actions (login required)

View Item
View Item