PERANCANGAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MEWARNAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI TAMAN KANAK-KANAK MARDI UTAMI MEDAN

WARUWU, ZULISO (2023) PERANCANGAN BUKU BELAJAR MEMBACA DAN MEWARNAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) DI TAMAN KANAK-KANAK MARDI UTAMI MEDAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
FILE TUGAS AKHIR - ZULISO WARUWU [SELASA, 11 JULI 2023].pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRACT
Currently technology is very closely related to human life. Many positive impacts
occurred both in the field of industry, law or education. As is the case in the field
of education, at this time there have been many changes that have occurred due to
technological advances. The introduction of technology to early childhood is very
important, especially technology that can provide an innovation in their learning.
Therefore it is necessary to design and create interactive learning media that are
very useful today, such as books that apply Augmented Reality (AR) technology.
The design of learning books based on Augmented Reality (AR) technology is
intended as a learning medium for early childhood, especially in kindergarten,
which is expected to increase their interest in learning. At this writing the authors
conducted observations, interviews and literature as a method of collecting the
necessary data. The author found that interactive books can enhance children's
reading experience. Moreover, books that apply Augmented Reality (AR)
technology are new innovations in early childhood education (TK). In the end the
author made this Augmented Reality (AR) technology-based book with 24 pages
consisting of reading learning media and coloring learning media, designed using
Adobe Photoshop, CorelDRAW and Assemblr Studio. The author determines that
the subject of this writing is the children from Kindergarten Mardi Utami Medan.
Keywords : Learning Media, Augmented Reality (AR), Learning Interest

ABSTRAK
Saat ini teknologi sangat erat kaitanya dengan kehidupan manusia. Banyak
dampak positif yang terjadi baik dibidang industri, hukum ataupun pendidikan.
Seperti halnya dibidang pendidikan, saat ini telah banyak perubahan yang terjadi
disebabkan oleh kemajuan teknologi. Pengenalan teknologi kepada anak usia dini
sangatlah penting khususnya teknologi yang dapat memberikan suatu inovasi
dalam belajar mereka. Maka dari itu perlu dirancang dan dibuat media
pembelajaran yang interaktif seperti buku yang menerapkan teknologi Augmented
Reality (AR). Perancangan buku belajar berbasis teknologi Augmented Reality
(AR) ini bertujuan sebagai media pembelajaran bagi anak usia dini khususnya
ditaman kanak-kanak yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar mereka.
Pada penulisan ini penulis melakukan observasi, wawancara dan studi pustaka
sebagai metode pengumpulan data yang diperlukan. Penulis menemukan bahwa
buku yang interaktif dapat meningkatkan pengalaman membaca anak-anak.
Terlebih lagi buku yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR)
merupakan inovasi yang baru pada pendidikan anak usia dini (TK). Pada akhirnya
penulis membuat buku berbasis teknologi Augmented Reality (AR) ini dengan 24
halaman terdiri atas media belajar membaca dan media belajar mewarnai, didesain
dengan menggunakan Adobe Photoshop, CorelDRAW dan Assemblr Studio.
Penulis menentukan yang menjadi subjek penulisan ini adalah anak-anak dari TK
Mardi Utami Medan.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Minat Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Komda Saharja Purba,S.Kom.,M.Pd. 2. Nurianti Sitorus,S.S.,M.Hum.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: ZULISO WARUWU
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:30
Last Modified: 20 Oct 2023 02:30
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item
View Item