PEMBUATAN VIDEO WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI UPAYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL DIDELI SERDANG

Sihombing, David Cornelius (2023) PEMBUATAN VIDEO WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI UPAYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL DIDELI SERDANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN VIDEO WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI UPAYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL DIDELI SERDANG] Text (PEMBUATAN VIDEO WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI UPAYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL DIDELI SERDANG)
PEMBUATAN VIDEO WISATA SEBAGAI MEDIA PROMOSI OBJEK WISATA PANTAI BALI LESTARI UPAYA MEMPERKENALKAN BUDAYA LOKAL DIDELI SERDANG.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (899kB)

Abstract

ABSTRACT
The TA object in this report is a Cinematic video using the Filmora application. This study aims to explain the making of tourist videos as a promotional medium for the "Bali Lestari Beach" tourist attraction as an effort to introduce local culture in Deli Serdang. Bali Lestari Beach is a beach tourism object that has natural beauty and rich local cultural diversity in the Deli Serdang region, Indonesia. However, tourists coming to this area are still limited, perhaps due to the lack of effective promotion. This study uses qualitative methods with observation and interview techniques to collect data about local culture at Bali Lestari Beach. The results of this study indicate that this tourist attraction has great potential to become an attractive tourist destination if properly promoted. However, an effective media campaign is needed to reach a wider audience. The purpose of this writer is to introduce sustainable Bali beach tourism objects through promotional videos. Based on the discussion of the research results, the creation of a tourism video was identified as the right solution to introduce Bali Lestari Beach and local culture in Deli Serdang. The literature review above provides an understanding of the importance of using tourist videos as a media promotion for the "Bali Lestari Beach" tourist attraction with a focus on introducing local culture in Deli Serdang. In this review, it is seen that the use of visual media such as videos has great potential to increase tourist visits and help preserve the rich local culture in the area.
Keywords : tours, videos, promotions, beach

ABSTRAK
Objek TA pada laporan ini adalah video Cinematic dengan menggunakan aplikasi Filmora. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembuatan video wisata sebagai media promosi objek wisata "Pantai Bali Lestari" sebagai upaya memperkenalkan budaya lokal di Deli Serdang. Pantai Bali Lestari adalah sebuah objek wisata pantai yang memiliki keindahan alam dan keanekaragaman budaya lokal yang kaya di wilayah Deli Serdang, Indonesia. Namun, wisatawan yang datang ke daerah ini masih terbatas, mungkin karena kurangnya promosi yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data tentang budaya lokal di Pantai Bali Lestari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa objek wisata ini memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata yang menarik jika dipromosikan dengan baik. Namun, diperlukan media promosi yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas.
Adapun tujuan dari penulis ini adalah untuk memperkenalkan objek wisata pantai bali lestari melalui video promosi. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, pembuatan video wisata diidentifikasi sebagai solusi yang tepat untuk memperkenalkan Pantai Bali Lestari dan budaya lokal di Deli Serdang. Tinjauan pustaka di atas memberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan video wisata sebagai media promosi objek wisata "Pantai Bali Lestari" dengan fokus memperkenalkan budaya lokal di Deli Serdang. Dalam tinjauan ini, terlihat bahwa penggunaan media visual seperti video memiliki potensi besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan membantu melestarikan budaya lokal yang kaya di daerah tersebut.
Kata Kunci: Wisata, Video, Promosi, Pantai

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Syafriyandi, S.Pd, M.Sn 2. Faudunasokhi Telaumbanua, SE, MM
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Wisata, Video, Promosi, Pantai
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Cornelius David Sihombing
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:43
Last Modified: 20 Oct 2023 08:43
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7695

Actions (login required)

View Item
View Item