PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN NAMA HEWAN PADA ANAK TK NAZARET PEMATANGSIANTAR

Frain Panjaitan, Sonia (2023) PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN NAMA HEWAN PADA ANAK TK NAZARET PEMATANGSIANTAR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN NAMA HEWAN PADA ANAK TK NAZARET PEMATANGSIANTAR] Text (PERANCANGAN KOMIK STRIP DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PENGENALAN NAMA HEWAN PADA ANAK TK NAZARET PEMATANGSIANTAR)
Tugas Akhir 2023 - Sonia Frain Panjaitan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The object of this study is TK Nazaret Pematangsiantar who wants to add a
variety of learning media in visual form, especially comic strips. The goal is to
add learning media in the form of comic strips as an effective learning medium in
recognizing animal names in children. Literature Review refers to Nurdyansyah's
opinion that the accuracy of using a learning media can affect the quality of the
process and the results achieved. Learning media is something that can be used to
channel or convey a message from a teacher to students that can stimulate the
thoughts, feelings, attention, and interests of students, so that the learning process
occurs. The methods used in this study are observation, literature study, and
interviews. In completing this final project, the author goes through 3 stages,
namely pre-production by determining ideas, sketches, layouts, colors, and
fonts to be used, then the production stage by making designs using Wacom's
Creative draw pen on Adobe Illustrator software, and post-production there are
results. The final result of the design is a book measuring 21 cm x 14.8 cm, with a
total of 28 pages or 14 sheets. In conclusion, it is hoped that this work can be a
good teaching material for Nazareth Pematangsiantar Kindergarten.
Keywords : comic strip, animal, kindergartner

Objek dalam penelitian ini adalah TK Nazaret Pematangsiantar yang ingin
menambahkan ragam media pembelajaran dalam bentuk visual khususnya komik
strip. Tujuannya untuk menambahkan media pembelajaran berbentuk komik strip
sebagai media pembelajaran yang efektif dalam pengenalan nama hewan pada
anak. Tinjauan Pustaka merujuk pada pendapat Nurdyansyah bahwa ketepatan
penggunaan sebuah media pembelajaran dapat mempengaruhi kualitas proses
serta hasil yang dicapai. Media pembelajaran merupakan sesuatu yang dapat di
gunakan untuk menyalurkan atau menyampaikan suatu pesan dari seorang guru
kepada peserta didik yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan
minat peserta didik, sehingga terjadi proses pembelajaran. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, studi pustaka, dan
wawancara. Dalam penyelesaian tugas akhir ini penulis melalui 3 tahap yaitu pra
produksi dengan menentukan ide, sketsa, layout, warna, dan font yang akan
digunakan, lalu tahap produksi dengan membuat desain menggunakan Creative
draw pen Wacom pada software adobe illustrator, dan pasca produksi terdapat
hasil. Hasil akhir dari perancangan berupa buku berukuran 21 cm x 14,8 cm,
dengan jumlah 28 halaman atau 14 lembar. Kesimpulannya, diharapkan karya ini
dapat menjadi bahan ajar yang baik bagi TK Nazaret Pematangsiantar.
Kata kunci : komik strip, hewan, anak tk

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Faudunasokhi Telaumbanua, S.E., M.M. Drs. H.Salam Irianto Nadeak, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komik strip, Hewan, Anak TK
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Medan > Prodi Multimedia
Depositing User: Sonia Frain Panjaitan
Date Deposited: 25 Oct 2023 05:43
Last Modified: 25 Oct 2023 05:43
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item
View Item