PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS

Sandra, Yazid Ilmi Putra (2024) PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS] Text (PEMETAAN TEXTURE BAKING PADA PERMAINAN “PESTYGO” UNTUK OPTIMASI MODEL 3D KARTUNIS)
Preliminary_20210082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (947kB)

Abstract

Pada pembuatan model 3D Kartunis diperlukan jumlah poligon yang tinggi pada model 3D agar visual permainan tetap terlihat menarik oleh pengguna, hal ini mengakibatkan lag (penurunan FPS) pada permainan, sehingga pengalaman bermain pengguna saat menjalankan permainan “Pestygo” dapat terganggu. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan model 3D kartunis melalui penerapan teknik pemetaan texture baking, sehingga dapat mempertahankan kualitas visual model tanpa mengganggu pengalaman bermain pengguna. Metode penelitian ini melibatkan proses MDLC (Multimedia Development Life Cycle) Sehingga proses pembuatan dapat terstruktur dengan baik. Penelitian ini menghasilkan model 3D kartunis yang optimal digunakan untuk sebuah aset permainan “Pestygo” dengan mempertahankan kualitas tampilan visual.

Cartoonist 3D modeling requires many polygons in the 3D model so that the game visuals still look attractive to users. This results in lag (FPS drop) in the game, so the user's playing experience when running "Pestygo" can be disrupted. This research aims to optimize the cartoonist 3D model through the application of texture-baking mapping techniques, to maintain the visual quality of the model without disturbing the user's playing experience. This research method involves the MDLC (Mulimedia Development Life Cycle) process so that the manufacturing process can be structured properly. This research produces a cartoonist 3D model that is optimally used for a game asset "Pestygo" by maintaining the quality of visual appearance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 Dipl.-ing. Deddy Stevano H. Tobing, M.Si(Han) Pembimbing 2 Deni Kuswoyo, S.Kom, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Optimasi Model 3D, 3D Kartunis, Texture Baking, MDLC, Pengalaman pengguna
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Yazid Ilmi Putra Sandra
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:24
Last Modified: 07 Aug 2024 02:24
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7972

Actions (login required)

View Item
View Item