PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA

Harpanri, Dhimas Ramaditya (2024) PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA. Diploma thesis, Polimedia.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA] Text (PENGEMBANGAN PERMAINAN 2D BERBASIS TURN-BASED RPG “HISTORY OF MATARAM ISLAM” DENGAN METODE GDLC (GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH KERAJAAN MATARAM ISLAM INDONESIA)
Preliminary_20210018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

With the advancement of technology, various alternatives are available for acquiring knowledge, including in the field of education. However, the process of learning history in schools is often considered static, conventional, and monotonous. This creates a perception that history lessons are deemed boring, leading to a lack of interest among students. This research is created in response to such challenges by developing a turn-based RPG (Role Playing Game) application with the theme of the history of the Mataram Islamic kingdom with Game Development Life Cycle (GDLC) method. The main goal is to make history learning more interactive and fun through game applications. The results of this development show an average value of 89.5%, which shows that overall respondents strongly agree and this development has achieved decent results.

Seiring dengan kemajuan teknologi, tersedia berbagai alternatif untuk memperoleh pengetahuan, termasuk di bidang pendidikan. Namun, proses pembelajaran sejarah di sekolah sering kali dianggap statis, konvensional, dan monoton. Hal ini menyebabkan persepsi bahwa pelajaran sejarah, dianggap membosankan, dan menciptakan kurangnya minat siswa. Pengembangan game berbasis mobile ini dibuat sebagai respon terhadap tantangan tersebut dengan mengembangkan aplikasi permainan berbasis turn-based RPG (Role Playing Game) dengan tema sejarah kerajaan Mataram Islam menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Tujuan utamanya adalah membuat pembelajaran sejarah lebih interaktif dan menyenangkan lewat aplikasi permainan. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan nilai rata-rata sebesar 89,5% yang menunjukkan bahwa para responden secara keseluruhan sangat setuju dan pengembangan ini mendapatkan hasil yang layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom Muhammad Sakir, S.Pd., M.T
Uncontrolled Keywords: Sejarah kerajaan Mataram Islam, turn-based RPG, GDLC
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Dhimas Ramaditya Harpanri
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:26
Last Modified: 12 Aug 2024 04:26
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7981

Actions (login required)

View Item
View Item