KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR

Wiby Fadillah, Prapanca Putra (2024) KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF.

[thumbnail of KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME  “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR”  BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN  GRAFIS JENIS VEKTOR] Text (KONSISTENSI VISUAL 2D PADA GAME “FLOODSCAPE : PETUALANGAN MITIGASI BANJIR” BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN GRAFIS JENIS VEKTOR)
Preliminary_20210068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (942kB)

Abstract

Game "Floodscape: Petualangan Mitigasi Banjir" adalah sebuah proyek game yang menggunakan jenis grafis vektor dengan gaya kartun dan teknik Digital Painting dalam pembuatan aset visual 2D. Tujuan utama proyek ini adalah untuk meningkatkan minat belajar anak-anak remaja mengenai mitigasi banjir di daerah perkotaan Jakarta melalui media game yang menarik dan edukatif. Dengan menggunakan pendekatan dan metode produksi Design Thinking, penelitian ini berfokus pada pengembangan lingkungan, environment visual pendukung, dan karakter yang mendukung narasi serta gameplay. Aset visual 2D yang dihasilkan diharapkan tidak hanya menarik secara estetika tetapi juga konsisten dan variatif dalam fungsinya, sehingga dapat meningkatkan pengalaman bermain sekaligus pembelajaran mitigasi banjir bagi pemain. Pada akhir penelitian ini penulis telah berhasil merancang dan mengimplementasikan visual 2d menggunakan teknik digital painting sehingga tercipta konsistensi visual dengan nilai hasil pengujian rata rata sebesar 85,70% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”.

The game "Floodscape: Flood Mitigation Adventure" is a game project that uses vector graphics in cartoon style and Digital Painting techniques in the creation of 2D visual assets. The main goal of this project is to increase the interest of teenagers in learning about flood mitigation in urban areas of Jakarta through interesting and educational game media. Using the Design Thinking approach and production method, this research focuses on the development of environments, supporting visual environments, and characters that support the narrative and gameplay. The resulting 2D visual assets are expected to be not only aesthetically appealing but also consistent and varied in their functionality, so that they can improve the gaming experience as well as flood mitigation learning for players. At the end of this study, the author has successfully designed and implemented 2d visuals using digital painting techniques so that visual consistency is created with an average test result value of 85.70% which is included in the "Very Good" category.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz, S.Kom, M.Kom 2. Yuyun Khairunisa, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Banjir, Vektor, Visual 2D, Digital Painting, Desain Thinking, Konsistensi. Flood Mitigation, Vector, Visual 2D, Digital Painting, Design Thinking, Consistency.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Prapanca Putra Wiby Fadillah
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:01
Last Modified: 16 Aug 2024 02:01
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item
View Item