PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA

Fajar Suryadi, Difa (2024) PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA] Text (PENGEMBANGAN GAME 2D PLATFORMER BERBASIS MOBILE “NISKALA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN MONUMEN BERSEJARAH DI INDONESIA)
Preliminary_20210019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (899kB)

Abstract

ABSTRACT
The development of a mobile-based 2D game titled "Niskala" aims to create an interesting and educational gaming experience for users. This game combines adventure elements with a background story highlighting culture and mythology. The method used in developing this game is Gdlc (Game Development Life Cycle) including concept design, character and environment design, game mechanism development, and testing and evaluation. The tools used include Unity as the main engine, Blender for creating 3D models which are converted into 2D sprites, and Adobe Photoshop for graphic design. Testing is carried out iteratively to ensure the game runs smoothly on various mobile devices. The beta test results show the results of this questionnaire. The development results show that the "Niskala" game can provide a fun gaming experience and increase players' knowledge of culture. Feedback from early users showed a positive response to the visuals and gameplay, however, there were some suggestions for improvements such as adding interactive features and improving the storyline. It is hoped that the development of this game can become a reference for other developers in creating educational games that utilize mobile technology.

ABSTRAK
Pengembangan game 2D berbasis mobile dengan judul "Niskala" bertujuan untuk menciptakan pengalaman bermain yang menarik dan edukatif bagi pengguna. Game ini menggabungkan elemen petualangan dengan latar belakang cerita yang mengangkat budaya dan mitologi. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini Gdlc (Game Development Life Cycle) meliputi perancangan konsep, pembuatan desain karakter dan lingkungan, pengembangan mekanisme permainan, serta pengujian dan evaluasi. Tools yang digunakan mencakup Unity sebagai engine utama, Blender untuk pembuatan model 3D yang diubah menjadi sprite 2D, dan Adobe Photoshop untuk desain grafis. Pengujian dilakukan secara iteratif untuk memastikan game berjalan lancar pada berbagai perangkat mobile. Hasil pengujian beta test menunjukkan hasil kuesioner ini. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa game "Niskala" mampu memberikan pengalaman bermain yang menyenangkan serta meningkatkan pengetahuan pemain tentang budaya. Umpan balik dari pengguna awal menunjukkan respons positif terhadap aspek visual dan gameplay, namun ada beberapa saran untuk peningkatan seperti penambahan fitur interaktif dan penyempurnaan alur cerita. Pengembangan game ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pengembang lain dalam menciptakan game edukatif yang memanfaatkan teknologi mobile.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Nofiandri Setyasmara, S.T., M.Ak., M.T. 2. Andrian, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: 2D Game, Mobile, Niskala, Unity, Game Development.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Difa Fajar Suryadi
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:45
Last Modified: 07 Aug 2024 02:45
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8003

Actions (login required)

View Item
View Item