PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI

Salsabila, Nurulain (2024) PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI] Text (PEMBUATAN ASET GAME “DIVIJA” DENGAN MENERAPKAN STYLE ANIME DIATAS KACA PATRI)
Preliminary_20210076.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (482kB)

Abstract

This study explores the application of anime-style illustrations, designed to give the illusion of stained glass, in the development of a final project game titled "Divija." as a Game Artist. This style was chosen to create a unique visual experience in educational games, combining anime and stained glass styles, which are rarely found in game development. The anime visual style is used to attract general interest, while the stained glass style provides a historical impression from the 1800s, reinterpreted with modern illustration trends. The illustration process is carried out digitally using Procreate and Figma. The Double Diamond method is used for the overall game asset development process. The results of this study are expected to contribute to the development of digital art, especially video games, enhance the visual appeal of games, and be an inspiration for game developers and digital artists.

ABSTRAK
Kajian ini mengeksplorasi penerapan ilustrasi dengan gaya visual anime yang digambarkan dengan memberikan ilusi seperti dibuat diatas kaca patri pada pengembangan game untuk tugas akhir yang berjudul "Divija" sebagai pengemban peran Seniman Game. Gaya ini dipilih untuk menciptakan pengalaman visual unik dalam pembelajaran game edukasi dengan gaya visual yang masih jarang ditemukan dalam pengembangan game dengan perpaduan anime dengan style yang digambarkan diatas kaca patri. Gaya visual anime digunakan sebagai penarik minat bermain bagi khayalak umum dan perpaduan gaya yang digambarkan pada kaca patri digunakan demi memberikan kesan historis dengan latar waktu tahun 1800an yang diolah kembali sesuai dengan tren ilustrasi modern. Proses penerapan ilustrasi dilakukan secara digital menggunakan aplikasi Procreate dan Figma. Secara keseluruhan dilakukan metode Double Diamond dalam proses pengembangan aset game. Hasil kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan seni digital khususnya video game, meningkatkan daya tarik visual permainan, dan menjadi inspirasi bagi pengembang game dan seniman digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Nofiandri Setyasmara, M.T., Ilham Khalid Setiawan, ST.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Salsabila Nurulain
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:48
Last Modified: 07 Aug 2024 02:48
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8007

Actions (login required)

View Item
View Item