PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL ANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC

Ilmi, Haifa Nurul (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL ANAK BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE MDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Preliminary_Tugas Akhir_Haifa Nurul Ilmi.pdf] Text
Preliminary_Tugas Akhir_Haifa Nurul Ilmi.pdf

Download (861kB)

Abstract

Indonesia's literacy levels lag behind those of other countries. The use of technology has not been fully optimized to enhance digital literacy among children. This research aims to design educational Augmented Reality (AR) applications that introduce animals from the Qur'an, with a particular focus on early childhood development. The application development follows the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) by Luther-Sutopo, which consists of six stages: concept, design, material collection, production, testing, and distribution. Unity was used for development and Figma for design. Blackbox Testing confirmed that the functionality meets children's needs, while a Focus Group Discussion highlighted their enthusiasm for the AR application's visual features, including 3D objects. This application represents a technological innovation in digital literacy that engages children in a fun learning experience.
Keywords: digital literacy, Augmented Reality, MDLC, Unity, Figma, Blackbox Testing
Tingkat literasi masyarakat Indonesia berada di urutan belakang dibandingkan dengan negara lain. Penggunaan teknologi belum digunakan secara optimal dalam usaha untuk meningkatkan literasi digital pada anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan mendesain aplikasi Augmented Reality (AR) edukatif yang memperkenalkan satwa dalam Al-Qur'an, khususnya untuk anak usia dini. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Aplikasi ini dibuat menggunakan Unity dan didesain menggunakan Figma. Hasil dari pengembangan aplikasi ini di uji dengan pengujian Blackbox Testing menunjukkan fitur-fitur fungsionalitas telah sesuai dengan kebutuhan dari anak-anak dan hasil Focus Group Discussion menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap fitur visual pada aplikasi AR hewan dalam bentuk objek 3D, sehingga aplikasi ini termasuk inovasi teknologi dalam literasi digital yang menyenangkan untuk anak-anak.
Kata Kunci: Literasi digital, Augmented Reality, MDLC, Unity, Figma, Blackbox Testing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Haifa Nurul Ilmi
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:03
Last Modified: 08 Aug 2024 07:03
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item
View Item