PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITA TANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID

Nugraha, Angga Ad'ha (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITA TANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITA TANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN CERITA TANGKUBAN PERAHU MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE BERBASIS ANDROID)
Preliminary_20240026.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (870kB)

Abstract

ABSTRACT
This research aims to develop and evaluate an Android-based educational game specifically designed to introduce children to rich local culture through folklore. The purpose of this game is designed to increase children's understanding of their cultural heritage, the design of an interactive-based educational game to learn folklore with the Grade 4 Merdeka curriculum at SDN 03 Lenteng Agung in this case aims to provide interesting and interactive learning. The development method used GDLC (Game Development Life Cycle) whose stages start from creation to release and tested the game using blackbox, questionnaires, interviews and observations, shows from the testing results positively with an average score of 84%.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi sebuah game edukasi berbasis Android yang dirancang khusus untuk memperkenalkan anak-anak pada kaya budaya lokal melalui cerita rakyat. Tujuan Game ini disusun untuk meningkatkan pemahaman anak-anak tentang warisan budaya mereka, perancangan game edukasi berbasis interkatif untuk mempelajari Cerita rakyat dengan kurikulum Merdeka Kelas 4 di SDN 03 Lenteng Agung pada hal ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan interkatif. Metode pengembangan yang digunakan GDLC (Game Development Life Cycle) yang tahapannya dimulai dari pembuatan hingga rilis dan diuji gamenya menggunakan blackbox, kuisioner, wawancara dan observasi, menunjukan dari hasil testing secara positif dengan skor rata-rata 84%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. 2.Herly Nurrahmi, M. Kom.
Uncontrolled Keywords: Educational game, Primary school, curriculum, Game development life cycle).
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Angga Ad'ha Nugraha
Date Deposited: 13 Aug 2024 01:58
Last Modified: 13 Aug 2024 01:58
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8132

Actions (login required)

View Item
View Item