Perancangan Teknologi Virtual Reality Mengenai Dampak Polusi Plastik di Laut Berbasis Android

Hanifah, Ananda Sofia (2024) Perancangan Teknologi Virtual Reality Mengenai Dampak Polusi Plastik di Laut Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Preliminary Tugas Akhir Ananda Sofia Hanifah.pdf] Text
Preliminary Tugas Akhir Ananda Sofia Hanifah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Plastic pollution in Indonesian seas has become a serious environmental problem, threatening marine life and human health. To raise awareness of the consequences of marine plastic pollution, this final project designs an interactive Android-based Virtual Reality application. Agile methodology was applied in application development, allowing adaptation and refinement based on feedback. Application testing was conducted using blackbox methods, usability testing, and compatibility testing. Research results show that the developed Virtual Reality application allows users to explore plastic-polluted oceans and witness firsthand their impact on marine life and humans. The application is equipped with interactive features that allow users to interact with objects and obtain information about marine plastic pollution. This research contributes to the development of innovative media to raise awareness of plastic pollution. This Virtual Reality application has the potential to be an effective tool in communicating the message of the dangers of marine plastic pollution and driving behavior change in society.
Keywords: Virtual Reality, Android, Plastic Pollution, Ocean, Marine Life, Human Health, Public Awareness
Sampah plastik di laut Indonesia telah menjadi masalah lingkungan yang serius dan mengancam kelangsungan hidup biota laut dan kesehatan manusia. Untuk meningkatkan kesadaran tentang konsekuensi dari pencemaran plastik di laut, tugas akhir ini merancang sebuah aplikasi Virtual Reality interaktif berbasis Android. Metodologi Agile diterapkan dalam pengembangan aplikasi, memungkinkan adaptasi dan penyempurnaan berdasarkan umpan balik. Pengujian aplikasi dilakukan dengan metode blackbox, pengujian kegunaan, dan pengujian kompatibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Virtual Reality yang dikembangkan memungkinkan mereka untuk menjelajahi lautan yang tercemar plastik dan menyaksikan secara langsung dampaknya terhadap biota laut dan manusia. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan objek dan mendapatkan informasi mengenai polusi plastik laut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan media inovatif untuk meningkatkan kesadaran tentang polusi plastik. Aplikasi Virtual Reality ini memiliki potensi untuk menjadi alat yang efektif dalam mengkomunikasikan pesan tentang bahaya polusi plastik laut dan mendorong perubahan perilaku masyarakat.
Kata Kunci: Virtual Reality, Android, Polusi Plastik, Laut, Biota Laut, Kesehatan Manusia, Kesadaran Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Sari Setyaning Tyas, M.Ti., Dosen Pembimbing I; dan Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M., Dosen Pembimbing II
Uncontrolled Keywords: Virtual Reality, Android, Polusi Plastik, Laut, Biota Laut, Kesehatan Manusia, Kesadaran Masyarakat
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ananda Sofia Hanifah
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:12
Last Modified: 26 Aug 2024 04:12
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8133

Actions (login required)

View Item
View Item