PERANCANGAN APLIKASI MUSEUM DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI DIGITALISASI DAN PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM GEDUNG JUANG 45 BEKASI

Pratama, Irfan Fikri (2024) PERANCANGAN APLIKASI MUSEUM DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI DIGITALISASI DAN PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM GEDUNG JUANG 45 BEKASI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI MUSEUM DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI DIGITALISASI DAN PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM GEDUNG JUANG 45 BEKASI] Text (PERANCANGAN APLIKASI MUSEUM DIGITAL BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI DIGITALISASI DAN PENGENALAN KOLEKSI MUSEUM GEDUNG JUANG 45 BEKASI)
Preliminary_20240062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (243kB)

Abstract

ABSTRACT
The Juang 45 Building Museum, a long-abandoned Dutch relic, is now a digital museum. The aim is to become a tourist attraction that offers historical education. Despite the use of digital technology, the information collected remains limited and non-interactive, so visitors need guidance from a tour guide. Augmented Reality will display artifacts in 3D that have descriptions and sound, making them more interesting. This research uses digital technology to increase public interest in history. This research uses the waterfall method and data collection through observation, interviews, and questionnaires. The application was tested and met the usability standard of 88%, indicating that the application can increase visitor interaction with museum objects, providing a wider and more detailed information space.

ABSTRAK
Museum Gedung Juang 45, peninggalan Belanda yang lama terbengkalai, kini menjadi museum digital. Tujuannya adalah untuk menjadi tempat wisata yang menawarkan edukasi sejarah. Terlepas dari penggunaan teknologi digital, informasi yang dikumpulkan tetap terbatas dan tidak interaktif, sehingga pengunjung membutuhkan panduan dari tour guide. Augmented Reality akan menampilkan artefak dalam bentuk 3D yang memiliki deskripsi dan suara, menjadikannya lebih menarik. Penelitian ini menggunakan teknologi digital untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap sejarah. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Aplikasi ini diuji dan memenuhi standar usability sebesar 88%, menunjukkan bahwa aplikasi dapat meningkatkan interaksi pengunjung dengan objek museum, menyediakan ruang informasi yang lebih luas dan detail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Sari Setyaning Tyas, MTI 2.Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M
Uncontrolled Keywords: Digital museum, museum collection, Augmented Reality, waterfall, usability
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Irfan Fikri Pratama
Date Deposited: 08 Aug 2024 08:26
Last Modified: 08 Aug 2024 08:26
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8151

Actions (login required)

View Item
View Item