Perancangan Environment Design pada Game Ball Run melalui Penerapan Metode Low Poly untuk Meningkatkan Kinerja dan Visual

Susanto, Indes Ikhwan (2024) Perancangan Environment Design pada Game Ball Run melalui Penerapan Metode Low Poly untuk Meningkatkan Kinerja dan Visual. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Environment Design pada Game Ball Run melalui Penerapan Metode Low Poly untuk Meningkatkan Kinerja dan Visual] Text (Perancangan Environment Design pada Game Ball Run melalui Penerapan Metode Low Poly untuk Meningkatkan Kinerja dan Visual)
Preliminary_20210035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (891kB)

Abstract

This study deals with environmental design that is an important factor in the creation of Ball Run Games. One efficient way to deal with large resource consumption is to use the low poly method for the design of each 3D model on a Ball Run Game that helps improve performance and visual. The use of low poly is one of the methods to reduce the use of large resources due to the few polygon shapes and simple 3D models that can still maintain the visual design. In addition to the low poly method, the use of retro visual styles is also used to enhance visual aspects by giving different nuances. In Game Ball Run, environmental design is an important factor in the aspect of the game, to improve performance and quality without using large resources of low poly efficient methods to use. The creation procedure on Game Ball Run uses the Game Development Life Cycle, wherein the study focuses on the Game artist section to design assets. On this study it can be concluded that the use of low poly is effective in dealing with heavy performance, but in visual terms the retro style looks enough to enhance the visual aspects of Game Ball Run.

Penelitian ini membahas environment design yang menjadi faktor penting dalam pembuatan Game Ball Run. Salah satu cara efisien untuk mengatasi penggunaan sumber daya yang besar dengan menggunakan metode low poly untuk rancangan tiap model 3D pada Game Ball Run yang membantu meningkatkan kinerja dan visual. Penggunaan metode low poly merupakan salah satu metode untuk mengurangi penggunaan sumber daya yang besar dikarenakan sedikitnya bentuk poligon dan model 3D yang simpel namun masih dapat mempertahankan visual desain. Selain metode low poly, penggunaan gaya visual retro juga digunakan untuk meningkatkan aspek visual dengan cara memberikan nuansa yang berbeda. Pada Game Ball Run, environment design adalah faktor penting pada aspek Game tersebut, untuk meningkatkan kinerja dan kualitas tanpa menggunakan sumber daya yang besar metode low poly efisien untuk digunakan. Prosedur penciptaan pada Game Ball Run menggunakan Game Development Life Cycle yang dimana pada penelitian ini berfokus pada bagian Game artist untuk merancang aset. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan low poly efektif dalam mengatasi kinerja yang berat, namun dalam segi visual gaya retro terlihat cukup untuk meningkatkan aspek visual dalam Game Ball Run.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Yeni Nurhasanah S.Pd., M.T. 2. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: environment design, low poly, retro, performance, visual
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Indes Ikhwan Susanto
Date Deposited: 13 Aug 2024 08:18
Last Modified: 13 Aug 2024 08:18
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8193

Actions (login required)

View Item
View Item