PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Sakti Wijayanto, Dimas (2024) PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH  NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING] Text (PENGEMBANGAN GAME BERBASIS PLATFORMER BERDASARKAN SEJARAH NUSANTARA (LAKSAMANA MALHAYATI) DALAM GAME YURA NUSANTARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING)
Preliminary_20210020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (395kB)

Abstract

Indonesia's literacy rate is considered low, with a minimal reading culture, especially among children. This has prompted the development of educational games with historical elements to increase reading interest and historical knowledge. Game Yuga Prahara Nusantara, with its large fan base, has the potential to be developed into an engaging historical education platform. This study aims to analyze the potential of Game Yuga Prahara Nusantara in enhancing historical literacy. The integration of historical elements at each level of game design is evaluated based on its aesthetic value and effectiveness in improving players' understanding of historical context. Design Thinking is employed as a framework to understand user needs and redefine problems in the development of this educational game. The research findings demonstrate that Game Yuga Prahara Nusantara has great potential to enhance historical literacy. The integration of historical elements into the game design provides aesthetic value and helps players grasp historical context. Design Thinking proves beneficial in developing this educational game, enabling the identification of alternative strategies to create an immersive and educational gaming experience. This study contributes to developing effective historical educational games to improve literacy and historical knowledge. Game Yuga Prahara Nusantara can be an example of an engaging and beneficial educational platform for its players, particularly the younger generation.

Tingkat literasi di Indonesia tergolong rendah, dengan budaya membaca yang minim, terutama di kalangan anak-anak. Hal ini mendorong pengembangan game edukasi dengan unsur sejarah sebagai solusi untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan sejarah. Game Yuga Prahara Nusantara, dengan basis penggemar yang besar, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi platform edukasi sejarah yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi Game Yuga Prahara Nusantara dalam meningkatkan literasi sejarah. Integrasi unsur sejarah pada setiap level desain game dievaluasi berdasarkan nilai estetika dan efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman pemain terhadap konteks sejarah. Design Thinking digunakan sebagai kerangka kerja untuk memahami kebutuhan pengguna dan mendefinisikan ulang masalah dalam pengembangan game edukasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Game Yuga Prahara Nusantara memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan literasi sejarah. Integrasi unsur sejarah pada desain game memberikan nilai estetika dan membantu pemain memahami konteks sejarah. Design Thinking terbukti bermanfaat dalam pengembangan game edukasi ini, memungkinkan identifikasi strategi alternatif untuk menciptakan pengalaman bermain yang mendalam dan edukatif. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan game edukasi sejarah yang efektif dalam meningkatkan literasi dan pengetahuan sejarah. Game Yuga Prahara Nusantara dapat menjadi contoh platform edukasi yang menarik dan bermanfaat bagi para pemainnya, khususnya generasi muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom 2. Andrian, S.Kom, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Literasi , Game, Edukasi, Sejarah, Design Thinking.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Dimas Sakti Wijayanto
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:04
Last Modified: 12 Aug 2024 02:04
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item
View Item