PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGENAI KONSEP PENGUKURAN PADA BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SDN 03 LENTENG AGUNG

Anasta, Pierluigi (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID MENGENAI KONSEP PENGUKURAN PADA BENDA DI SEKITAR KITA UNTUK SDN 03 LENTENG AGUNG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Perancangan Game Edukasi Berbasis Android Mengenai Konsep Pengukuran Pada Benda Di Sekitar Kita Untuk SDN 03 Lenteng Agung] Text (Perancangan Game Edukasi Berbasis Android Mengenai Konsep Pengukuran Pada Benda Di Sekitar Kita Untuk SDN 03 Lenteng Agung)
Preliminary_20240106.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (740kB)

Abstract

Abstract

The goal that the author wants to achieve from making this educational game is to be able to design and create an educational game application for the concept of measuring objects based on android. With this application, children can get to know a lot about the concept of measuring objects. The research method used in this research is the Game Development Life Cycle (GDLC) method by using qualitative methods the author will collect data in the form of user needs, problem identification, and development of conceptual models for applications. From the testing that the author has done, it shows a positive result with an average score of 88%. Thus, this test is designed to collect information on various aspects of learning, including the effectiveness of the material, the ease of use of the application, as well as students' responses and enthusiasm for the learning methods used. This educational game can be used to introduce the concept of measuring objects around us to students of SDN 03 Lenteng Agung.

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai penulis dari pembuatan game edukasi ini adalah untuk dapat merancang dan membuat aplikasi game edukasi konsep pengukuran benda berbasis android. Dengan adanya aplikasi tersebut, anak-anak dapat mengenal banyak mengenai konsep pengukuran benda. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan menggunakan metode kualitatif penulis akan mengumpulkan data berupa kebutuhan pengguna, identifikasi masalah, dan pengembangan model konseptual untuk aplikasi. Dari pengujian yang telah penulis lakukan maka menunjukkan sebuah hasil yang positif dengan skor rata-rata 88%. Dengan demikian, pengujian ini dirancang untuk mengumpulkan informasi berbagai aspek pembelajaran, antara lain keefektifan materi, kemudahan penggunaan aplikasi, serta tanggapan dan antusiasme siswa terhadap metode pembelajaran yang digunakan. Game edukasi ini dapat digunakan untuk memperkenalkan materi konsep pengukuran benda di sekitar kita kepada siswa SDN 03 Lenteng Agung. Program ini menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan tentang konsep pengukuran benda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom. 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: primary school, educational game, concept of measuring objects, Game Development Life Cycle, learning aspects.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Pierluigi Anasta
Date Deposited: 12 Aug 2024 03:29
Last Modified: 12 Aug 2024 03:29
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8230

Actions (login required)

View Item
View Item