PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO

Fahlifi, Feiza Athalla (2024) PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO] Text (PERANCANGAN SISTEM PEMBELAJARAN HURUF ALFABET BERBASIS GAME EDUKASI UNTUK MEMBANTU PEMBELAJARAN ANAK-ANAK BIMBA AIUEO)
Preliminary_20240046.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Abstract

The rapid development of technology has significantly impacted life, especially for children who need guidance. Excessive gadget use can alter a child's behavior, making them apathetic and dependent. To enhance learning interest, BIMBA AIUEO proposes using an Android-based educational game as a medium for teaching alphabet letters to children aged 3-6 years. This study designs an educational game application featuring writing, reading, listening to alphabet letters, and matching letter games. With engaging visuals and interactive audio, this game aims to increase learning interest and provide an enjoyable learning experience. The game development uses the Game Development Life Cycle (GDLC) method, and testing results show the application runs well on various devices with positive user responses. The author suggests further development by adding levels such as quizzes or guessing games and expanding compatibility to iOS devices.

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi kehidupan, terutama anak-anak yang memerlukan bimbingan. Penggunaan gadget yang berlebihan dapat mengubah perilaku anak menjadi apatis dan tergantung. Untuk meningkatkan minat belajar, BIMBA AIUEO mengusulkan game edukasi berbasis Android sebagai media pembelajaran huruf alfabet bagi anak-anak usia 3-6 tahun. Penelitian ini merancang aplikasi game edukasi dengan fitur menulis, membaca, mendengarkan huruf alfabet, dan permainan mencocokkan huruf. Dengan visual menarik dan audio interaktif, game ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan. Pengembangan game ini menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC), dan hasil pengujian menunjukkan aplikasi berjalan baik di berbagai perangkat dengan tanggapan positif dari pengguna. Penulis menyarankan pengembangan lebih lanjut dengan menambahkan level seperti kuis atau tebak gambar, serta memperluas kompatibilitas ke perangkat iOS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M
Uncontrolled Keywords: Game edukasi, Android, Pembelajaran Huruf Alfabet
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Feiza Athalla Fahlifi
Date Deposited: 12 Aug 2024 04:16
Last Modified: 12 Aug 2024 04:16
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8274

Actions (login required)

View Item
View Item