PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY"

Adiputra, Heryansach (2024) PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY". Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY"] Text (PEMROGRAMAN PERMAINAN DIALOG INTERAKTIF PENGENALAN BUDAYA BADUY 2D PLATFORMER BERBASIS ANDROID PADA GAME "TERJEBAK DI BADUY")
Preliminary_20210032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (555kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan dialog interaktif pengenalan budaya Baduy 2D platformer berbasis Android pada game "Terjebak di Baduy" guna meningkatkan ketertarikan generasi muda terhadap budaya lokal.Metode yang digunakan meliputi studi pustaka dan kuesioner, serta menerapkan Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari enam tahap: inisiasi, pra produksi, produksi, pengujian, beta testing, dan rilis. Prototipe game berhasil diimplementasikan dengan berbagai fitur, termasuk dialog interaktif, mekanik pemain, antarmuka pengguna, berbagai level, mode permainan yang berbeda, karakter non-pemain (NPC), musuh, dan jebakan. Tahap pengujian melibatkan evaluasi game pada dua perangkat telepon genggam yang berbeda dan pengumpulan umpan balik dari 21 responden anak-anak. Hasilnya menunjukkan bahwa game ini mudah dipahami, kontrolnya responsif, grafiknya memuaskan, musik dan efek suaranya menyenangkan, serta tingkat kesulitannya sesuai untuk kelompok usia yang ditargetkan. Umpan balik tersebut mengonfirmasi bahwa "Terjebak di Baduy" adalah alat pendidikan yang efektif untuk mengenalkan budaya Baduy kepada anak-anak usia 8-12 tahun. Game ini telah diterima dengan baik dan sekarang tersedia di platform Itch.io, siap untuk mendidik dan menghibur pemain muda.

This research aims to develop an interactive dialogue game to introduce Baduy culture through a 2D platformer-based Android game titled "Terjebak di Baduy" to enhance young generations' interest in local culture. Utilizing literature review and questionnaire methods, along with the Game Development Life Cycle (GDLC) consisting of six stages: initiation, pre-production, production, testing, beta testing, and release, the game prototype was successfully implemented with various features. These features include interactive dialogue, player mechanics, user interface, multiple levels, different game modes, non-playable characters (NPCs), enemies, and traps. The testing phase involved evaluating the game on two different mobile devices and gathering feedback from 15 child respondents. The results indicated that the game is easy to understand, the controls are responsive, the graphics are satisfying, the music and sound effects are enjoyable, and the difficulty level is appropriate for the target age group. The feedback confirmed that "Terjebak di Baduy" is an effective educational tool for introducing Baduy culture to children aged 8-12. The game has been positively received and is now available on the Itch.io platform, ready to educate and entertain young players.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom 2. Muh Sakir, M.T
Uncontrolled Keywords: Budaya Baduy, game edukasi, platformer 2D, Game Development Life Cycle (GDLC).
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Heryansach Adiputra
Date Deposited: 09 Aug 2024 08:26
Last Modified: 09 Aug 2024 08:26
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8321

Actions (login required)

View Item
View Item