PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”

Naufal Syauqi, Saddam (2024) PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”] Text (PERANCANGAN BUKU INTERAKTIF: MATCH FRAME UNTUK ANAK TK “PETUALANGAN EKA BUANA”)
TA2024_A_23_SADDAM NAUFAL SYAUQI_Prelims.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Hebatnya teknologi membawa aspek kehidupan manusia menjadi lebih efisien terutama aspek hiburan melalui video games, tetapi hal ini membawa permasalahan baru pada anak-anak. Terbukti anak-anak lebih tidak terkontrol dalam penggunaan ponsel dan video games, dan ditambah dengan kurangnya keteratarikan anak-anak dalam membaca. Hal inilah yang juga dikemukakan oleh para guru dan kepala sekolah di TK Eka Buana bahwa mereka mencoba menghadapi permasalahan ini dengan memberikan rekreasi alternatif hiburan, tetapi perubahan signifikan tidak terjadi pada kegiatan membaca mereka lebih memilih bermain atau membahas video games, melalui hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh penulis menciptakan Buku Interaktif Match Frame “Petualangan Eka Buana” yang dirancang dengan sistem baru dan fresh guna anak-anak TK Eka Buana dan anak TK lainnya. Tujuan dan manfaatnya seperti mengajak anak-anak kegiatan membaca buku dengan membantu jalannya cerita dengan kuis-kuis edukatif yang dikemas untuk melatih fokus dan daya berpikir anak. Melalui laporan perancangan buku ini diharapkan buku interaktif ini dapat menjadi salah satu langkah membantu anak-anak menemukan keseruan dalam membaca buku di dunia yang serba teknologi dan video games.

It's great that technology makes aspects of human life more efficient, especially entertainment through video games, but this brings new problems for children. It has been proven that children are more uncontrolled in their use of cellphones and video games, and this is compounded by children's lack of interest in reading. This is what was also stated by the teachers and principal at Eka Buana Kindergarten that they tried to deal with this problem by providing alternative recreational entertainment, but significant changes did not occur in their reading activities, they preferred to play or discuss video games, through the results of observations and interviews. The author created the Match Frame Interactive Book "Eka Buana Adventure" which was designed with a new and fresh system for Eka Buana Kindergarten children and other Kindergarten children. With aims and benefits such as inviting children to read books by helping them play stories with educational quizzes packaged to train children's focus and thinking power. Through this book design report, it is hoped that this interactive book can be one step in helping children find the excitement of reading books in a world full of technology and video games.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing I : Yuda Syah Putra, M. Sn. ; Pembimbing II: Andriyana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hiburan, Buku Interaktif Anak-anak, Taman Kanak, Entertainment, Interactive Children's Books, Kindergarten
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Saddam Naufal Syauqi
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:00
Last Modified: 30 Aug 2024 04:00
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8410

Actions (login required)

View Item
View Item