PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION

Nur Salsabila, Aisyah (2024) PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION. Diploma thesis, POLITEKNIK NEGERI MEDIA KREATIF JAKARTA.

[thumbnail of PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI  AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA  PROMOSI PRODUK CLOTHATION] Text (PERANCANGAN ILUSTRASI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK CLOTHATION)
TA2024_A_AISYAH NUR SALSABILA_repositori.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

CLOTHATION is a company with products that combine clothing and animation. CLOTHATION,
which is a new brand with an innovative concept, has not been recognised by the public and does
not have an art style that can reflect the company's image. This research aims to design
illustrations and create an art style that reflects the CLOTHATION brand visually and design 2D
animation with augmented reality (AR) technology as a promotional media. Based on the theory
proposed by Gatys et al, art style includes three elements: spatial area, colour and lighting, and
spatial scale. Added by the theory of Villarreal et al, the drawing style also includes line elements.
The research methods used include interviews and literature studies to determine the illustration
art style that can represent brand visuals, as well as designing AR with marker-based tracking
methods. Unique and consistent illustrations can increase brand recognition, the use of AR in
promotions can create interesting interactions for consumers. The application of illustrations and
animations that match the brand identity, as well as the use of AR as a promotional medium can
increase the attractiveness and dissemination of information through Instagram.
Keywords: Illustration, Augmented Reality, Promotion, Art Style.

CLOTHATION adalah perusahaan dengan produk yang menggabungkan antara pakaian dan
animasi. CLOTHATION yang merupakan merek baru dan dengan konsep yang inovatif, belum
dikenal masyarakat dan belum memiliki gaya gambar yang dapat mencerminkan citra perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang ilustrasi dan menciptakan gaya gambar yang
mencerminkan merek CLOTHATION secara visual dan merancang animasi 2D berbasis
augmented reality (AR) sebagai media promosi. Berdasarkan teroi yang dikemukakan oleh Gatys
et al, gaya gambar mencakup tiga elemen yaitu wilayah spasial, warna dan pencahayaan, dan skala
spasial. Ditambahkan oleh teori dari Villarreal et al, gaya gambar juga mencakup elemen garis.
Metode penelitian yang digunakan meliputi wawancara dan studi pustaka untuk menentukan gaya
seni ilustrasi yang dapat mewakili visual merek, serta merancang AR dengan metode marker
based tracking. Ilustrasi yang unik dan konsisten dapat meningkatkan pengenalan merek,
penggunaan AR dalam promosi dapat menciptakan interaksi yang menarik bagi konsumen.
Penerapan ilustrasi dan animasi yang sesuai dengan identitas merek, serta penggunaan AR sebagai
media promosi dapat meningkatkan daya tarik dan penyebaran informasi melalui Instagram.
Kata kunci: Ilustrasi, Augmented Reality, Promosi, Gaya Seni.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: I. Lani Siti Noor Aisyah, M.Ds. ; II. Yuyun Khairunisa, S.Si.M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi, Augmented Reality, Promosi, Gaya Seni, Illustration, Augmented Reality, Promotion, Art Style.
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Aisyah Nur Salsabila
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:46
Last Modified: 30 Aug 2024 07:46
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8423

Actions (login required)

View Item
View Item