PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING

Baihaqi, Muhammad Adib (2024) PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING] Text (PENGEMBANGAN GAME "LITERARY QUEST" SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS GAME-BASED LEARNING)
Preliminary_Muhammad Adib Baihaqi_20240081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi mobile games sebagai alat pembelajaran menjadi pilihan yang relevan dalam konteks realitas digital yang saat ini sedang terjadi. Lalu bagaimana cara mengintegrasikan materi yang sesuai dengan kurikulum sekolah ke dalam game tersebut? Disini penulis akan merancang dan mengembangkan aplikasi mobile games menggunakan perangkat lunak komputer Unity yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran game-based learning guna meningkatkan kompetensi bahasa Inggris siswa kelas 11 SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. Dari hasil pengujian aplikasi, didapatkan nilai rata-rata dari beta testing sebesar 91%. Hal ini menunjukkan bahwa game sudah berfungsi dengan baik dan siap untuk digunakan secara massal.

Utilizing mobile games technology as a learning tool is a relevant choice in the context of the current digital reality. Then how to integrate materials that are in accordance with the school curriculum into the game? Here the author will design and develop a mobile games application using Unity computer software that can be used as a game-based learning tool to improve the English competence of 11th grade students of SMA Angkasa 1 Halim Perdanakusuma. From the results of application testing, the average value of beta testing is 91%. This shows that the game is functioning properly and ready for mass use.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, S.Kom, M.Ti. 2. Yuyun Khairunnisa, S.Si, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: mobile games, game-based learning, Unity, GDLC
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhammad Adib Baihaqi
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:00
Last Modified: 13 Aug 2024 02:01
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item
View Item