PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK

Qiadi, Muhammad Faiz (2024) PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK] Text (PERANCANGAN GAME EDUKASI TENTANG PENGENALAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK ANAK-ANAK)
Preliminary_20240086.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (312kB)

Abstract

Abstract

Advancements in information technology have driven innovation in education, including educational games. This research designs an educational game for 5th grade students at SDN Utan Kayu Selatan 18, introducing animal classification based on their diets. The qualitative research methods used include interviews, questionnaires, observations, and literature studies. The game development follows the Game Development Life Cycle (GDLC), which consists of six stages: initiation, pre-production, production, testing, beta, and release. The results show that the program enhances students' learning interest with a satisfaction rate of 88.40%. The game is interactive, user-friendly, and the content is easy to understand. Recommendations include iOS support, a demo video, simplified content, and a time management feature for quizzes and puzzles.

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi mendorong inovasi dalam bidang pendidikan, termasuk game edukasi. Penelitian ini merancang sebuah game edukasi untuk siswa kelas 5 SDN Utan Kayu Selatan 18 yang memperkenalkan pengelompokan hewan menurut jenis makanannya. Metode penelitian kualitatif yang digunakan antara lain wawancara, kuesioner, observasi dan studi literatur. Pengembangan game menggunakan Game Development Life Cycle (GDLC) yang terdiri dari 6 tahapan yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, rilis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program meningkatkan minat belajar siswa dengan kepuasan sebesar 88.40%. Permainan ini bersifat interaktif, mudah digunakan dan materinya mudah dipahami. Dukungan iOS, video demo, penyederhanaan materi, dan fitur pengaturan waktu direkomendasikan untuk kuis dan teka-teki.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : game edukasi, pengenalan hewan, GDLC.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Muhammad Faiz Qiadi
Date Deposited: 13 Aug 2024 04:26
Last Modified: 13 Aug 2024 04:26
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8500

Actions (login required)

View Item
View Item