PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE

Majid Akbar, Muhammad (2024) PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN GAME-BASED LEARNING PADA GAME “ELECTRICKY” BERBASIS MOBILE)
Laporan Tugas Akhir_Muhammad Majid Akbar 20210057-GT8A REPO.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

This writing aims to produce a 3D mobile game with a time management and simulation genre. The game is intended for the general public to educate about the importance of wise electricity usage in daily life through an educational game medium. Additionally, this game aims to test the correlation between Game-Based Learning and the improvement in game quality. It is expected to provide an educational and enjoyable gaming experience. The method used in the development of this game is the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The result of the development is the "Electricity" mobile game application as an alternative learning medium to educate on how to use electricity wisely. It is hoped that this game can promote collaboration and inspire future researchers.
Keywords: 3D Game, Wise Electricity Usage, Game-Based Learning, GDLC

Penulisan ini ditujukan untuk menghasilkan sebuah produk berbentuk game mobile 3D dengan genre manajemen waktu dan simulasi. Game ini ditujukan kepada masyarakat luas guna mengedukasi tentang pentingnya untuk bersikap bijak dalam penggunaan Listrik dalam kehidupan sehari-hari melalui media game edukasi. Selain dari itu, game ini ditujukan untuk menguji korelasi Game Based Learnig Dengan meningkatnya kualitas Game. Yang diharapkan akan memberi pengalaman bermain yang edukatif dan juga menyenangkan, Metode yang digunakan pada pengembangan game ini ialah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Hasil dari pengembangan yang dilakukan merupakan aplikasi game “Electricky” berbasis mobile sebagai media pembelajaran alternatif untuk mengedukasi tentang bagaimana caranya untuk bijak dalam penggunaan listrik. Diharapkan dengan adanya game ini dapat mempromosikan kolaborasi serta dapat menjadi inspirasi untuk para peneliti dimasa mendatang.
Kata kunci: Game 3D, Bijak dalam Penggunaan Listrik, Game-Based Learning, GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1.Nofiandri Setyasmara, M.T. ; 2.Muh Sakir, S.Pd., M.T.
Uncontrolled Keywords: Game 3D, Bijak dalam Penggunaan Listrik, Game-Based Learning, GDLC, 3D Game, Wise Electricity Usage, Game-Based Learning
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Muhammad Majid Akbar
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:15
Last Modified: 29 Aug 2024 03:15
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item
View Item