LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5

Savitri, Nilam (2024) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN MOTION GRAPHIC PENGENALAN ALFABET, ANGKA, DAN WARNA UNTUK TK-KARTIKA VIII-5)
TA2024_C_24_Nilam Savitri_Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran anak usia dini adalah bagian penting dari pembinaan anak sesuai dengan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dimulai sejak lahir hingga usia enam atau delapan tahun. Pembahasan utama dari tugas akhir ini adalah membuat Perancangan Motion Graphic Pengenalan Alfabet, Angka, dan Warna untuk TK-Kartika VIII-5. Metode penelitian yang saya pakai ialah Riset dan Development yang dimana menunjukkan bahwa Taman Kanak-kanak Kartika VIII-5, yang sudah berdiri sejak tahun 2004, masih belum menggunakan video pembelajaran dalam bentuk motion graphic dan masih kurang memiliki media promosi yang memadai. Maka dari itu, penggunaan motion graphic dalam membuat video pembelajaran akan efektif untuk TK-Kartika VIII-5. Perancangan media motion graphic dan media promosi kepada Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-5 untuk memberikan alternatif media promosi sehingga memudahkan masyarakat mengenal Taman Kanak-Kanak Kartika VIII-5. Yang diharapkan dapat bermanfaat bagi TK- Kartika VIII-5 dalam memahami bagaimana teknologi dapat dioptimalkan dalam pembelajaran, dan media promosi untuk memperluas jaringannya.

Early childhood learning is an important part of child development in accordance with Law No. 20 of 2003 concerning the National Education System, starting from birth to the age of six or eight years. The main discussion of this final project is to create a Motion Graphic Design for the Introduction of Alphabet, Numbers, and Colors for Kindergarten-Kartika VIII-5. The research method I use is Research and Development which shows that Kartika VIII-5 Kindergarten, which has been established since 2004, still does not use learning videos in the form of motion graphics and still lacks adequate promotional media. Therefore, the use of motion graphics in making learning videos will be effective for TK-Kartika VIII-5. Designing motion graphic media and promotional media for Kartika VIII-5 Kindergarten to provide alternative promotional media to make it easier for people to recognize Kartika VIII-5 Kindergarten. Which is expected to be useful for TK-Kartika VIII-5 in understanding how technology can be optimized in learning, and promotional media to expand its network.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dr. Dayu Sri Herti, S.Pd., M.Sn. Budi Utomo, S.E, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: Motion Grafis, Alfabet, Angka, Warna, TK Alphabet, Number, Color, Learning, Motion Graphic
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Grafis
Depositing User: Nilam Savitri
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:20
Last Modified: 02 Sep 2024 03:20
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item
View Item