PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI “DUNIA PRAMUKA SERI PENGGALANG” BERBASIS ANDROID

Nuraeny, Rahmawati (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI “DUNIA PRAMUKA SERI PENGGALANG” BERBASIS ANDROID. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI “DUNIA PRAMUKA SERI PENGGALANG” BERBASIS ANDROID] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI “DUNIA PRAMUKA SERI PENGGALANG” BERBASIS ANDROID)
PRELIMINARY_LAPORAN TA_RAHMAWATI NURAENY_20240110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (783kB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat menimbulkan tantangan degradasi moral pada peserta didik, seperti kurangnya konsentrasi, sopan santun, dan perilaku sosial yang tidak baik. Pramuka, dengan pendidikan karakter di dalamnya, menjadi salah satu cara untuk menghadapi degradasi moral. Oleh karena itu diperlukan suatu sistem untuk menanamkan nilai Pramuka dan pendidikan karakter pada anak-anak. Game-based learning dapat menjadi sarana yang efektif dan menyenangkan. Penelitian ini fokus pada pengembangan aplikasi game edukasi “Dunia Pramuka Seri Penggalang” untuk anak usia 11-15 tahun, menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC). Aplikasi ini mengusung tema alam dengan musik tropis ceria, karakter pramuka, dan menawarkan dua menu utama: belajar dan bermain. Menu belajar terdiri dari tujuh bagian materi, sedangkan menu bermain mencakup empat jenis permainan yang interaktif. Hasil pengujian menunjukkan skor usability keseluruhan sebesar 85,65%, dengan rincian kegunaan 80%, kemudahan penggunaan 86,88%, kemudahan dipelajari 88,33%, dan kepuasan pengguna 88,8%. Temuan ini mengindikasikan bahwa aplikasi sangat layak digunakan dan dapat meningkatkan minat siswa terhadap Pramuka, memanfaatkan teknologi secara positif, dan memajukan pendidikan moral melalui pengalaman pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

The rapid development of technology posed challenges of moral degradation in students, such as lack of concentration, good manners, and bad social behavior. Scouting, with its character education, was one way to deal with moral degradation. Therefore, a system was needed to instill the value of Scouting and character education in children. Game-based learning could be an effective and fun tool. This research focused on developing an educational game application "Dunia Pramuka Seri Penggalang" for children aged 11-15 years, using the Game Development Life Cycle (GDLC) method. The application carried a nature theme with cheerful tropical music, scout characters, and offered two main menus: learning and playing. The learning menu consisted of seven sections of material, while the playing menu included four types of interactive games. The test results showed an overall usability score of 85.65%, with details of 80% usability, 86.88% ease of use, 88.33% ease of learning, and 88.8% user satisfaction. These findings indicated that the app was highly usable and could increase students' interest in Scouting, made positive use of technology, and advance moral education through an interactive and fun learning experience.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sanjaya Pinem, S. Kom., M.Sc. ; 2. Yuyun Khairunisa, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Pramuka, GDLC, Android, Educatinonal Game, Scout
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Rahmawati Nuraeny
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:30
Last Modified: 15 Aug 2024 04:30
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8785

Actions (login required)

View Item
View Item