PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PENJUALAN DESIGN T-SHIRT PADA BRAND HOLLY SAGA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE

Muhamad Rizky, Rinaldin (2024) PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PENJUALAN DESIGN T-SHIRT PADA BRAND HOLLY SAGA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE  PENJUALAN DESIGN T-SHIRT PADA BRAND HOLLY SAGA  MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS  WEBSITE] Text (PERANCANGAN SISTEM INFORMASI E-COMMERCE PENJUALAN DESIGN T-SHIRT PADA BRAND HOLLY SAGA MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEBSITE)
LAPORAN TUGAS AKHIR_RINALDIN MUHAMAD RIZKY_20240121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The rapid advancement of information technology has driven the growth of e-
commerce leveraging technology to facilitate electronic commerce. In this context,
Brand Holly Saga faces challenges in increasing sales and expanding its market
reach. This study aims to design an e-commerce information system for selling t-
shirt designs at Brand Holly Saga using the Waterfall method based on a website.
The Waterfall method was chosen for its structured and systematic approach,
starting from requirement analysis, design, implementation, testing, to
maintenance. The system is built using technologies like HTML, CSS, JavaScript,
Bootstrap, Tailwind CSS, and jQuery for the front-end, and PHP and Midtrans for
the back-end. The results of the study show that the designed e-commerce
information system successfully meets the needs of Brand Holly Saga by providing
features such as catalog, shopping cart, checkout and payment. System testing
indicates that all features work well and meet the identified needs. It is hoped that
this system can improve sales process efficiency, reduce transaction errors, and
provide various payment options that facilitate customers.
Keywords: E-commerce, Information System, Waterfall, Website, T-Shirt Design,
Brand Holly Saga

Kemajuan teknologi informasi yang pesat saat ini telah mendorong peningkatan e
commerce yang memanfaatkan teknologi untuk memfasilitasi perdagangan
elektronik. Dalam konteks ini, Brand Holly Saga menghadapi tantangan dalam
meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasarnya. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang sistem informasi e-commerce penjualan desain t-shirt
pada Brand Holly Saga menggunakan metode Waterfall berbasis website. Metode
Waterfall digunakan karena pendekatannya yang terstruktur dan sistematis, dimulai
dari analisis kebutuhan, desain, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan.
Sistem ini dibangun menggunakan teknologi HTML, CSS, JavaScript, Bootstrap,
Tailwind CSS, dan jQuery untuk front-end, serta PHP dan Midtrans untuk back
end. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem informasi e-commerce yang
dirancang berhasil memenuhi kebutuhan Brand Holly Saga, dengan menyediakan
fitur-fitur seperti katalog, keranjang belanja, checkout dan pembayaran. Pengujian
sistem menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan dengan baik dan sesuai dengan
kebutuhan yang telah diidentifikasi. Diharapkan sistem ini dapat meningkatkan
efisiensi proses penjualan, mengurangi kesalahan transaksi, dan menyediakan
berbagai pilihan pembayaran yang memudahkan pelanggan.
Kata Kunci: E-commerce, Sistem Informasi, Waterfall, Website, Desain T-Shirt,
Brand Holly Saga

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1 : Herly Nurrahmi S.Si, M..Kom Dosen Pembimbing 2 : Sari Setyaning Tyas., M.TI
Uncontrolled Keywords: E-commerce, Sistem Informasi, Waterfall, Website, Desain T-Shirt, Brand Holly Saga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Rinaldin Muhamad Rizky
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:11
Last Modified: 29 Aug 2024 08:11
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8787

Actions (login required)

View Item
View Item