PEMBUATAN GAME EDUKASI TENTANG MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) BERBASIS ANDROID UNTUK POS PAUD SERUNI

Jannah, Miftahul (2022) PEMBUATAN GAME EDUKASI TENTANG MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) BERBASIS ANDROID UNTUK POS PAUD SERUNI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PEMBUATAN GAME EDUKASI TENTANG MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) BERBASIS ANDROID UNTUK POS PAUD SERUNI] Text (PEMBUATAN GAME EDUKASI TENTANG MEMBACA MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) BERBASIS ANDROID UNTUK POS PAUD SERUNI)
Preliminary_18810072.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (605kB)

Abstract

Wabah virus Covid-19 merambah di Indonesia awal tahun 2020, yang telah berdampak pada aspek pendidikan, yaitu aktivitas belajar para peserta didik harus dilaksanakan dari rumah. Salah satu jenjang pendidkan yang berdampak dari adanya wabah Covid-19 adalah PAUD. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun. Pos PAUD Seruni saat ini menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu buku tematik berupa teks dan gambar berwarna hitam putih. Selain itu Pos PAUD Seruni memiliki keterbatasan akan bahan ajar/media untuk mengajarkan membaca, menulis, dan berhitung. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,penulis membuat game edukasi berbasis Android tentang Calistung. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan teknik wawancara, studi pustaka, dan kuesioner. Dalam penelitian ini penulis berharap dapat memberikan media pembelajaran alternatif bagi para peserta didik di Pos PAUD Seruni tentang membaca, menulis, dan berhitung. Bersadarkan hasil uji coba aplikasi Belajar Bersama Seruni sebesar 94,37%, maka dapat dinyatakan bahwa aplikasi ini layak digunakan pada smartphone berbasis Android.

The Covid-19 virus outbreak hit Indonesia in early 2020, which had an impact on the educational aspect, namely that students' learning activities had to be carried out from home. One level of education that has an impact on the Covid-19 outbreak is PAUD. Early Childhood Education (PAUD) is guidance aimed at children from birth to the age of 6 years. Pos PAUD Seruni currently uses conventional learning methods, namely thematic books in the form of text and black and white images. In addition, the Seruni PAUD Pos has limited teaching materials/media to teach reading, writing, and arithmetic. To overcome this problem, the author makes an Android-based educational game about Calistung. The method that the author uses in this research is a mixed method with interview techniques, literature study, and questionnaires. In this study the authors hope to provide alternative learning media for students at the PAUD Seruni Post about reading, writing, and arithmetic. Based on the trial results of the Learning Together Seruni application of 94.37%, it can be stated that this application is suitable for use on Android-based smartphones.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, M.Ti. 2. Jati Raharjo, M.Sn.
Uncontrolled Keywords: Calistung, Game Edukasi, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Miftahul Jannah
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:33
Last Modified: 07 Sep 2022 06:33
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/880

Actions (login required)

View Item
View Item