PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART

Amalia, Defitri (2024) PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART] Text (PENERAPAN SENI ILUSTRASI 2 DIMENSI PADA ASSET GAME VISUAL NOVEL “KHALIFAH” DENGAN STYLE MODERN CARTOON ART)
Preliminary_20210016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukatif berbasis 2D platformer yang menampilkan kisah empat khalifah setelah wafatnya Rasulullah SAW. Pengenalan mengenai Khalifah sendiri umumnya dapat didapatkan pada pembelajaran di sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan informasi mengenai Khalifah dapat ditemukan pada media lain, contohnya koran, majalah, blog, maupun jurnal yang ada di internet. Jenis pengenalan tersebut biasanya tidak memiliki interaksi apapun yang membuat pembacanya merasa monoton dan bosan, dengan adanya kekurangan tersebut, dibutuhkan media pengenalan yang interaktif, menarik dan berbeda. Pengembangan aset visual game menggunakan metode Human Centered Design (HCD). Manfaat penelitian ini adalah untuk menerapkan ilmu yang diperoleh selama pembelajaran di Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. Hasil perancangan dan intehrasi aset berhasil dilakukan, hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian pembuatan aset bahwa aset yang dibuat sudah sesuai dan animasi dapat berjalan baik di environment. Dalam Game Khalifah, gaya seni kartun modern telah diterapkan, sehingga membuat game ini lebih menarik namun sederhana. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan contoh inovasi untuk pengembangan game selanjutnya dan menjadi referensi bagi pengembang lainnya.

This research aims to develop a 2D platformer-based educational game that features the story of the four Khalifah after the death of the Prophet Muhammad. The introduction of the Khalifah themselves can generally be obtained in school learning. But it does not rule out the possibility that information about Khalifah can be found in other media, for example newspapers, magazines, blogs, and journals on the internet. This type of introduction usually does not have any interaction that makes the reader feel monotonous and bored, with this deficiency, an interactive, interesting and different introduction media is needed. Development of game visual assets using the Human-Centered Design (HCD) method. The benefit of this research is to apply the knowledge gained during learning at Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta. The results of asset design and integration were successfully carried out, this is evidenced by the results of testing the creation of assets that the assets made are appropriate and the animation can run well in the environment. In the Khalifah Game, a modern cartoon art style has been applied, thus making this game more interesting but simple. This research is expected to be an example of innovation for further game development and a reference for other developers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Dosen Pembimbing 1: Muh. Sakir, S.Pd., M.T., Dosen Pembimbing 2: Yuyun Khairunisa, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Ilustrasi 2D, Human-Centered Design, Game Edukatif, Visual Novel.
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Defitri Amalia
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:12
Last Modified: 14 Aug 2024 07:12
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item
View Item