Rama Sulistio, irgi (2024) IMPLEMENTASI CHATBOT DENGAN METODE NATURAL LANGUAGE PROCESSING UNTUK PENINGKATAN INTERAKSI DAN PEMBERIAN INFORMASI KEPADA PELANGGAN DI CV PIRANTI INDONESIA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.
Preliminary_Irgi Rama Sulistio_20240063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (1MB)
Abstract
In today's rapidly advancing era of information technology, it is crucial for companies to utilize the latest innovations to improve their services. This necessity arises from the challenge of making customer service more efficient and effective through the utilization of technology. This study aims to create and implement a web-based chatbot using Natural Language Processing (NLP) techniques. NLP is a branch of computer science that enables computers to understand human language. The web-based NLP chatbot application is developed using the Laravel Framework for the back-end and Bootstrap for the front-end interface development. The research methodology employed is usability testing using a black box approach to ensure that all functions operate correctly. By employing NLP, the chatbot is able to understand and respond to user queries more swiftly. Testing results indicate an SUS score of 84, a success rate of 90.62%, and an average time-based efficiency of 1.5 seconds. This demonstrates that the implementation of this NLP chatbot is effective and reliable for improving interaction and information delivery at CV Piranti Indonesia. This implementation enables the company to offer faster service without time constraints.
Keywords : Natural Language Processing, Chatbot, Website-Based Application, Enhanced interaction and information delivery
Dalam era teknologi informasi yang terus berkembang, penting bagi sebuah perusahaan untuk memanfaatkan inovasi terbaru dalam meningkatkan pelayanan. Tantangan ini mendorong penelitian untuk membuat pelayanan pelanggan menjadi lebih efisien dan efektif dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan chatbot berbasis website menggunakan Metode Natural Language Processing (NLP). NLP adalah cabang ilmu komputer yang memungkinkan komputer memahami bahasa manusia. Aplikasi chatbot NLP berbasis website ini dibuat menggunakan Framework Laravel untuk back-end, Bootstrap untuk pembuatan antarmuka aplikasi (front-end) dan jQuery untuk meningkatkan interaktivitas aplikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah usability testing dengan pendekatan black box untuk memastikan semua fungsi berjalan dengan baik. Dengan menggunakan NLP, chatbot dapat memahami dan merespons pertanyaan pengguna secara lebih cepat. Hasil pengujian menunjukkan nilai SUS sebesar 84, success rate sebesar 90,62%, dan efisiensi waktu rata-rata 1,5 detik. memberikan kesimpulan bahwa penerapan chatbot NLP ini layak digunakan dan diandalkan untuk meningkatkan interaksi dan pemberian informasi di CV Piranti Indonesia. Implementasi ini memungkinkan perusahaan untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat tanpa batasan waktu.
Kata Kunci : Natural Language Processing, Chatbot, Aplikasi Berbasis Website, Meningkatkan interaksi dan pemberian informasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | 1. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom. 2. Prily Fitria Aziz, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Natural Language Processing, Chatbot, Aplikasi Berbasis Website, Meningkatkan interaksi dan pemberian informasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia |
Depositing User: | Irgi Rama Sulistio |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:46 |
URI: | http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/8879 |