LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA

Rafli Ramdani, Muhammad (2024) LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA] Text (LAPORAN TUGAS AKHIR PERANCANGAN 3D MODELING, TEXTURING, RIGGING, DAN 3D ANIMATING PADA VIDEO ANIMASI “KULON” DALAM EDUKASI MANAJEMEN WAKTU PERKULIAHAN DARING PADA MAHASISWA)
Muhammad Rafli Ramdani - 20230091 - Laporan Tugas Akhir - Preliminary.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (728kB)

Abstract

This research discusses the design of an animated video entitled “KULON” as a medium for educating students on time management during online classes. The purpose of this animation video project is to educate students on managing their time management during online learning. The study was conducted during the 8th semester, focusing on various aspects of the animation production process, including Script Writing, 3D Modeling, Texturing, Rigging, and 3D Animate The research utilized a qualitative descriptive method with a design thinking framework. The data was collected through a questionnaire involving 30 respondents who are students currently engaged in online classes. The results of the study demonstrate that the “KULON” animated video is an effective educational tool for students in the context of online learning.

Penelitian ini membahas perancangan video animasi berjudul “KULON” sebagai media edukasi untuk membantu mahasiswa dalam manajemen waktu selama perkuliahan daring. Tujuan dari pembuatan video animasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa dalam mengelola waktu mereka selama perkuliahan daring. Dimasa perkuliahan semester 8, penelitian ini difokuskan pada berbagai aspek pembuatan video animasi, termasuk dalam penulisan Script, 3D Modeling, Texturing, Rigging, dan 3D Animate sebagai bagian dari tahapan pipeline animasi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan design thinking. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang melibatkan 30 responden yang merupakan mahasiswa yang menjalani perkuliahan daring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video animasi “KULON” efektif sebagai media edukasi dalam konteks perkuliahan daring bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Maria Ulfah Catur Afriasih, S.Pd., MM 2. Moses Raissa Graceivan, S.Ds., M.MT
Uncontrolled Keywords: Animasi, Animasi 3D, Rigging, Texturing, 3D Modeling, Script, Manajemen Waktu, Perkuliahan Daring
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Animasi
Depositing User: Muhammad Rafli Ramdani
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:31
Last Modified: 29 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item
View Item