Eksplorasi Motif Ecoprint dan Rustdyeing pada Kebaya Kontemporer Siap Pakai untuk UMKM Kainuna

Zulfa Salamah, Reyhana (2024) Eksplorasi Motif Ecoprint dan Rustdyeing pada Kebaya Kontemporer Siap Pakai untuk UMKM Kainuna. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Eksplorasi Motif Ecoprint dan Rustdyeing pada Kebaya Kontemporer Siap Pakai untuk UMKM Kainuna] Text (Eksplorasi Motif Ecoprint dan Rustdyeing pada Kebaya Kontemporer Siap Pakai untuk UMKM Kainuna)
Preliminary TA Reyhana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (618kB)

Abstract

Kainuna is an ecoprint MSME that is experiencing boredom regarding the ecoprint products and motifs produced that are similar to those of its competitors. The problem in this research is developing ecoprint motifs and making a more diverse variety of kebaya products for Kainuna MSME partners. The aim of this research is to develop an ecoprint motif with rustdyeing in the form of a variety of ready-to-wear contemporary kebaya products. This research method is qualitative exploration using Hasso Plattner's design thinking consisting of 5 stages, namely emphases, define, ideate, prototype and test. Data used: brand observations, interviews, literature studies, and questionnaires. The results of the research are developing ecoprint motifs for Kainuna MSME partners by combining ecoprint motifs with mirror techniques and rustdyeing motifs with item placement techniques using wire mesh. Creating a variety of contemporary kebaya products using environmentally friendly materials by placing ecoprint technique motifs, exploring dyeing with high natural dyes, and exploring rustdyeing motifs is a product renewal solution for Kainuna MSMEs. The target market in this research is young women aged 19-23 years who are interested in ready-to-wear contemporary kebaya products
Keywords: Contemporary Kebaya, Ecoprint, Rustdyeing, Ready-to-Wear Clothing

Kainuna merupakan UMKM ecoprint yang sedang mengalami kejenuhan mengenai produk dan motif ecoprint yang dihasilkan serupa dengan kompetitornya. Masalah dalam penelitian ini mengembangkan motif ecoprint dan membuat variasi produk kebaya yang lebih beragam pada mitra UMKM Kainuna. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan motif ecoprint dengan rustdyeing dalam bentuk variasi produk kebaya kontemporer siap pakai. Metode penelitian ini adalah kualitatif eksplorasi dengan menggunakan design thinking Hasso Plattner terdiri dari 5 tahap yaitu emphitize, define, ideate, protoype dan test. Data yang digunakan: observasi brand, wawancara, studi literatur, dan kuesioner. Hasil penelitian, berupa mengembangkan motif ecoprint pada mitra UMKM Kainuna dengan mengkombinasikan motif ecoprint teknik mirror dan motif rustdyeing teknik item placement dengan cara menggunakan kawat jarring, membuat variasi produk kebaya kontemporer yang beragam menggunakan bahan ramah lingkungan dengan penempatan motif teknik ecoprint, eksplorasi pencelupan pewarna alam tingi, serta eksplorasi motif rustdyeing merupakan solusi pembaharuan produk untuk UMKM Kainuna. Target market dalam penelitian ini remaja wanita berusia 19-23 tahun yang tertarik dengan produk kebaya kontemporer siap pakai.
Kata Kunci : Kebaya Kontemporer, Ecoprint, Rustdyeing, Busana Siap Pakai¬

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Rachmawaty S.Pd., M.Ds 2. Ingrid Veronica. K., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kebaya Kontemporer, Ecoprint, Rustdyeing, Busana Siap Pakai¬
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Desain Mode
Depositing User: Reyhana Zulfa Salamah
Date Deposited: 29 Aug 2024 01:58
Last Modified: 29 Aug 2024 01:58
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item
View Item