PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF

Fatahillah Fanis, Ahmadi (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI KESEHATAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK SIMULASI PEMBELAJARAN MEDIS INTERAKTIF)
repository Ahmadi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Abstrak

The development of a health application based on Augmented Reality (AR) represents an innovative approach to addressing the current limitations of health education applications, specifically stemming from the underutilization of technology in learning about the human skeletal system. Therefore, an AR-based health application is highly appropriate for overcoming the lack of advanced technology in interactive medical learning. This research developed an AR application for studying the human skeletal system, utilizing the Unity platform and Vuforia to integrate virtual objects into the real environment. Trial results have shown a significant improvement in user understanding and satisfaction with the presented material. In conclusion, this application has the potential to be an effective medical learning tool, with recommendations for further development to expand the educational content and enhance accessibility on devices.
Key Words : Augmented Reality, Applications, Health, Human Skeletal System

Pengembangan Aplikasi Kesehatan berbasis Augmented Reality merupakan langkah inovatif untuk memperbaiki keterbatasan aplikasi pembelajaran kesehatan saat ini. Hal ini didasari dari kurangnya penggunaan teknologi untuk pembelajaran Kerangka tubuh manusia. Oleh karena itu aplikasi kesehatan berbasis Augmented Reality sangat tepat dalam mengatasi kurangnya penggunaan teknologi canggih untuk pembelajaran medis interaktif. Penelitian ini mengembangkan aplikasi Augmented Reality untuk pembelajaran kerangka tubuh manusia, menggunakan platform Unity dan Vuforia guna mengintegrasikan objek maya dalam lingkungan nyata. Hasil uji coba menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman pengguna dan kepuasan terhadap materi yang disajikan. Kesimpulannya, aplikasi ini berpotensi sebagai alat pembelajaran medis yang efektif, dengan rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut guna memperluas materi dan meningkatkan aksesibilitas pada perangkat.
Kata kunci : Augmented Reality, aplikasi, Kesehatan, Kerangka Tubuh

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sari Setyaning Tyas, MTI 2. Herly nurrahmi, S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, aplikasi, Kesehatan, Kerangka Tubuh
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ahmadi Fatahillah Fanis
Date Deposited: 21 Aug 2024 02:58
Last Modified: 21 Aug 2024 02:58
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9226

Actions (login required)

View Item
View Item