PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE ADDIE

Novita Putri, Natasya (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE ADDIE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE ADDIE] Text (PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE ADDIE)
Prelimanary repository_Natasya Novita Putri_2024012-1-14.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (392kB)

Abstract

Geometry application is a learning media for the introduction of space using augmented reality that can help students in imagining the shape of space. The system design method used in designing the "Geometry" application is ADDIE from the Research & Development (R&D) method. The author uses data collection methods such as interviews, literature studies and observations. After conducting direct implementation, feedback shows that students get high satisfaction with the visualization of spatial shapes using augmented reality provided by the "Geometry" learning media application. In addition, it is able to increase students' enthusiasm in learning building space, and increase students' learning motivation in learning building space and learning using technology.

Aplikasi Geometry merupakan media pembelajaran pengenalan bangun ruang menggunakan augmented reality yang dapat membantu siswa dalam mengimajinasikan bentuk bangun ruang. Metode perancangan sistem yang digunakan dalam perancangan aplikasi “Geometry” adalah ADDIE dari metode Research & Development (R&D). Penulis menggunakan metode pengumpulan data seperti wawancara, studi literatur dan observasi. Setelah melakukan implementasi secara langsung, umpan balik menunjukan bahwa siswa mendapatkan kepuasan tinggi terhadap visualisasi bentuk bangun ruang menggunakan augmented reality yang disedikan oleh aplikasi media pembelajaan “Geometry”. Selain itu, mampu meningkatkan auntusias siswa dalam pembelajaran bangun ruang, dan meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bangun ruang maupun pembelajaran menggunakan teknologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. 2. Herly Nurrahmi, S.Si, M.Kom
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Bangun Ruang, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Natasya Novita Putri
Date Deposited: 21 Aug 2024 08:32
Last Modified: 21 Aug 2024 08:32
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9236

Actions (login required)

View Item
View Item