Perancangan Aplikasi Flashcard AR : Arabic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Mengaji Siswa TPQ Al-Hanif Cibitung

Farraz Susanto, Hermawan (2024) Perancangan Aplikasi Flashcard AR : Arabic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Mengaji Siswa TPQ Al-Hanif Cibitung. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan Aplikasi Flashcard AR : Arabic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Mengaji Siswa TPQ Al-Hanif Cibitung] Text (Perancangan Aplikasi Flashcard AR : Arabic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Mengaji Siswa TPQ Al-Hanif Cibitung)
Perancangan Aplikasi Flashcard AR Arabic Berbasis Android Untuk Meningkatkan Semangat Belajar Mengaji Siswa TPQ Al-Hanif Cibitung.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (907kB)

Abstract

The process of learning the quran with media that is not in accordance with students' preferences is one of the factors for students' lack of interest in learning the quran. The same thing is also experienced by TPQ Al-Hanif Cibitung, where in the pretest conducted in this study only a score of 47.9 was obtained, which score was only included in the category quite feasible. Therefore, it is necessary to have
a learning media that can help increase students' interest in learning the quran. To overcome these problems, research was conducted by developing quranic learning media in the form of Flashcard AR : Arabic application based on Android, in order to increase the enthusiasm for learning the quran of TPQ Al-Hanif Cibitung students. This augmented reality application with flashcard media includes material for introducing hijaiyah letters, Arabic vocabulary and pronunciation. In testing the effectiveness of using the Flashcard AR : Arabic application conducted in this study obtained a score of 67.9 which is included in the category very feasible to be used in the learning process.
Keywords: Interest, Quran, Learning

Proses pembelajaran mengaji dengan media yang tidak sesuai dengan kegemaran siswa menjadi salah satu faktor kurangnya minat siswa dalam belajar mengaji. Hal yang sama juga dialami oleh TPQ Al-Hanif Cibitung, dimana dalam pretest yang dilakukan pada penelitian ini hanya didapatkan skor sebesar 47,9 yang mana skor tersebut hanya termasuk dalam kategori cukup layak. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran mengaji yang dapat membantu meningkatkan minat belajar mengaji siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran mengaji berupa aplikasi Flashcard AR : Arabic berbasis Android, guna meningkatkan semangat belajar mengaji siswa TPQ Al-Hanif Cibitung. Aplikasi augmented reality dengan media flashcard ini mencakup materi pengenalan huruf hijaiyah, kosakata bahasa Arab serta pelafalannya. Dalam pengujian efektifitas penggunaan aplikasi Flashcard AR : Arabic yang dilakukan pada penelitian ini didapatkan skor 67,9 yang termasuk dalam kategori sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mengaji.
Kata Kunci: Minat, Mengaji, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc. 2. Andriyana, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Interest, Quran, Learning Kata Kunci: Minat, Mengaji, Pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Hermawan Farraz Susanto
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:52
Last Modified: 21 Aug 2024 03:52
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9264

Actions (login required)

View Item
View Item