PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC

Rizky Seprizal, Andre (2024) PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC] Text (PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN UNITY UNTUK MENGENAL KEBUDAYAAN PULAU SUMATERA DENGAN METODE GDLC)
Preliminary_Andre Rizky Seprizal_20240025 (3)..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Indonesia is a country with various tribes, customs and cultural traditions. Sumatra Island, one of the largest islands in Indonesia, has a rich and unique cultural diversity. However, along with the development of technology and globalization trends, many aspects of this traditional culture are at risk of being displaced and forgotten by children, where children who should preserve and develop them are starting to abandon them. One of them is SDN 12 Batipuh Baruah, which is one of the elementary schools under the Ministry of Education and Culture which has
implemented the 2013 Curriculum using teaching materials in the form of thematic books, which has problems in providing learning about culture to its students.Therefore, the author designed an educational game application using Unity to get
to know the culture of the island of Sumatra. In this application there is material containing traditional clothing, traditional weapons, traditional houses, regional
songs, regional dances and there are also games in the form of RPG (Role - Playing Game), apart from that the author also uses the GDLC method as the method that
the author uses in designing this educational game. The author's application design process starts with initiation, pre-production, production, testing, beta testing, and release. The results of designing this educational application received a positive response from Mitra or SDN 12 Batipuh Baruah, saying that this application helped the learning process about regional culture, especially the island of Sumatra.

Keywords: Culture, Educational Games, GDLC

Indonesia merupakan negara dengan beragam suku, adat dan tradisi budaya. Pulau Sumatera, salah satunya sebagai pulau terbesar di Indonesia, yang memiliki keberagaman budaya yang kaya dan unik. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan tren globalisasi, banyak aspek dari kebudayaan tradisional ini menghadapi risiko tergeser dan dilupakan oleh anak-anak dimana yang seharus nya anak-anak melestarikan dan mengembangkan justru mulai meninggalkannya. Salah satunya ialah SDN 12 Batipuh Baruah merupakan salah satu sekolah dasar yang berada di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 menggunakan bahan ajar berupa buku tematik, yang memiliki masalah dalam upaya memberikan pembelajaran tentang kebudayaan kepada siswa/siswinya. Oleh karena itu, penulis melakukan perancangan aplikasi game edukasi menggunakan unity untuk mengenal kebudayaan pulau Sumatera, di dalam aplikasi ini terdapat materi yang berisi tentang pakaian adat, senjata tradisional,rumah adat, lagu daerah, tarian daerah dan juga ada game dalam bentuk RPG (RolePlaying Game), selain itu penulis juga menggunakan metode GDLC sebagai metode yang penulis gunakan dalam perancangan game edukasi ini. Proses perancangan aplikasi ini penulis mulai dari Initiation, Pre-produksi, Produksi,Testting, Beta Testting dan Release. Dari hasil perancangan aplikasi edukasi ini mendapatkan respon positif dari pihak mitrra atau SDN 12 Batipuh Baruah bahwa mereka mengatakan aplikasi ini sangat membantu proses pembelajaran tentang kebudayaan daerah, khususnya pulau Sumatera.

Kata kunci: Kebudayaan, Game Edukasi, GDLC

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. ; 2. Herly Nurahmi,S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Kebudayaan, Game Edukasi, GDLC, Culture, Educational Games,
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Andre Rizky Seprizal
Date Deposited: 21 Aug 2024 07:45
Last Modified: 21 Aug 2024 07:45
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9323

Actions (login required)

View Item
View Item