Perancangan Game Edukasi Peduli Lingkungan Sebagai Alat Bantu Pengajar RA Ashabul Kahfi Berbasis Android

Nur Yoko, Bayu (2024) Perancangan Game Edukasi Peduli Lingkungan Sebagai Alat Bantu Pengajar RA Ashabul Kahfi Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Perancangan Game Edukasi Peduli Lingkungan Sebagai Alat Bantu Pengajar RA Ashabul Kahfi Berbasis Android] Text (Perancangan Game Edukasi Peduli Lingkungan Sebagai Alat Bantu Pengajar RA Ashabul Kahfi Berbasis Android)
Preliminary_20240036.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

The importance of character development from an early age cannot be overlooked because, at ages 0-6, children's brain development is progressing rapidly. By choosing appropriate learning media, interest and motivation to learn enthusiastically can be cultivated in students. The purpose of this thesis is to create a multimedia application, specifically designing an Android-based educational game focused on environmental awareness, to serve as a learning aid at RA Ashabul Kahfi. The goal is to enrich the teaching methods and enhance the environmental awareness of RA Ashabul Kahfi students. This application is designed using the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method and developed on the Unity platform. It is hoped that this application will become an alternative learning medium for RA Ashabul Kahfi, making lessons on environmental awareness more engaging and enjoyable.
Keywords: Learning Media, Educational Game, Environmental Awareness, Android.

Pentingnya pembangunan karakter sejak usia dini, tidak bisa di abaikan karena pada usia 0-6 tahun perkembangan otak anak sedang berlangsung cepat, dengan memilih media pembelajaran yang sesuai dapat menarik minat dan memotivasi murid untuk belajar dengan antusias. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk membuat karya aplikasi multimedia yaitu percancangan game edukasi peduli lingkungan berbasis android sebagai alat bantu pembelajaran di RA Ashabul Kahfi, dengan tujuan memperkaya metode pembelajaran dan meningkatkan kepedulian lingkungan murid RA Ashabul Kahfi. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan dibuat menggunakan platform unity. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat menjadi alternatif media pembelajaran RA Ashabul Kahfi mengenai materi kepedulian lingkungan serta membuat pembelajaran belajar lebih menyenangkan.
Kata Kunci : Media pembelajaran, Game Edukasi, Peduli lingkungan, Android.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Tri Fajar Yurmama Supiyanti,S.Komp M.T. 2. Dwi Mandasari Rahayu, S.P., M.M.
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran,Game Edukasi,Peduli lingkungan,Android.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Bayu Nur Yoko
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:59
Last Modified: 22 Aug 2024 06:59
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item
View Item