Perancangan “Mie Jebew Box” Sebagai Media Promosi Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking dengan Metode Waterfall.

Anggista, Dewi (2024) Perancangan “Mie Jebew Box” Sebagai Media Promosi Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking dengan Metode Waterfall. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Perancangan “Mie Jebew Box” Sebagai Media Promosi Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking dengan Metode Waterfall] Text (Perancangan “Mie Jebew Box” Sebagai Media Promosi Menggunakan Augmented Reality Marker Based Tracking dengan Metode Waterfall)
Dewi Anggista_20240042_Final Tugas Akhir Mie Jebew Box.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (615kB)

Abstract

In this era of ever-growing modern technological advances, it is very important for MSMEs to utilize technology as a promotional medium. Mie Jebew Box MSMEs still do not use interactive and interesting promotional media. To overcome this, the Android-based Augmented Reality (AR) application "Mie Jebew Box App" is designed to increase sales figures and user engagement. The AR approach on the Android platform was chosen because it covers a wider market. This research uses the waterfall method which includes five stages: Analysis, Design, Implementation, Testing, and Maintenance. Application testing was carried out through alpha blackbox testing and beta testing with questionnaires involving Mie Jebew Box buyers as research subjects. The test results show that this application is very suitable for use as promotional media with a score of 95.6%. This application has the potential to increase sales and brand awareness of Mie Jebew Box. Thus, this AR application is an effective solution for innovative and attractive MSME promotional media, supporting modern marketing strategies according to current technology trends.

Keywords: Augmented Reality, Waterfall, MSMEs, Promotional Media, Increase Sales, Jebew Noodle Box.

Dalam era kemajuan teknologi modern yang terus berkembang, sangat penting bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi sebagai media promosi.
UMKM Mie Jebew Box masih kurang menggunakan media promosi yang interaktif dan menarik. Untuk mengatasi hal ini, aplikasi Augmented Reality (AR) "Mie Jebew Box App" berbasis android dirancang guna meningkatkan angka penjualan dan engagement pengguna. Pendekatan AR pada platform Android dipilih karena mencakup pasar yang lebih luas. Penelitian ini menggunakan metode waterfall yang meliputi lima tahapan: Analisis, Desain, Implementasi, Pengujian, dan Pemeliharaan. Pengujian aplikasi dilakukan melalui alpha blackbox testing dan beta testing dengan kuisioner yang melibatkan pembeli Mie Jebew Box sebagai subjek penelitian. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini sangat layak digunakan sebagai media promosi dengan skor 95,6%.
Aplikasi ini berpotensi meningkatkan penjualan dan kesadaran merek Mie Jebew Box. Dengan demikian, aplikasi AR ini merupakan solusi efektif untuk media promosi UMKM yang inovatif dan menarik, mendukung strategi pemasaran modern sesuai tren teknologi saat ini.

Kata Kunci: Augmented Reality, Waterfall, UMKM, Media Promosi, Meningkatkan Penjualan, Mie Jebew Box.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom 2. Hafid Setyo Hadi, MT
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Waterfall, UMKM, Media Promosi, Meningkatkan Penjualan, Mie Jebew Box.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Dewi Anggista
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:58
Last Modified: 22 Aug 2024 06:58
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9398

Actions (login required)

View Item
View Item