Pengembangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini Berbasis Android

Chatrinda Sahallafif, Chatrinda (2024) Pengembangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini Berbasis Android. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of Pengembangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini Berbasis Android] Text (Pengembangan Aplikasi Interaktif Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Kata Sehari-Hari Pada Anak Usia Dini Berbasis Android)
Chatrinda Sahallafif_20240039_PENGEMBANGAN APLIKASI INTERAKTIF PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI KATA SEHARI-HARI PADA ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (794kB)

Abstract

Early childhood is a crucial phase in shaping a child's character, where they learn from their surroundings with rapid brain development. Early education plays a significant role in establishing the foundation for children's future development, emphasizing the need for developing engaging learning media to enhance their interest in learning. This research aims to develop an Android-based learning application to improve everyday vocabulary comprehension as an innovative learning media at TK Islam Fithria. The application is designed using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) and developed using Unity 3D software. It aims to offer a new option for learning at TK Islam Fithria, particularly in enhancing everyday vocabulary comprehension and making the learning process more enjoyable.

Usia dini merupakan fase krusial dalam pembentukan karakter anak, di mana mereka belajar dari lingkungan sekitar dengan perkembangan otak yang cepat. Pendidikan dini berperan besar dalam membentuk dasar perkembangan anak-anak untuk masa depan, dengan pentingnya pengembangan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan minat belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi pembelajaran berbasis android untuk meningkatkan pemahaman kata sehari-hari sebagai media pembelajaran yang inovatif di TK Islam Fithria. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan dibuat menggunakan software Unity 3D. Aplikasi ini bisa menjadi opsi baru dalam pembelajaran di TK Islam Fithria, khususnya dalam meningkatkan pemahaman kata sehari-hari serta membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Dr. Tipri Rose Kartika, M.M. 2. Sanjaya Pinem, S.Kom., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Learning Media, Interactive Learning Applications, Daily Vocabulary, Android. Media Pembelajaran, Aplikasi Pembelajaran Interaktif, Kata Sehari-Hari, Android.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: CHATRINDA SAHALLAFIF
Date Deposited: 22 Aug 2024 07:16
Last Modified: 22 Aug 2024 07:16
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9416

Actions (login required)

View Item
View Item