PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI

Rossa, Alya (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI] Text (PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN HEWAN LAUT SPESIES MAMALIA PADA SDN SRENGSENG SAWAH 04 PAGI)
LAPORAN TUGAS AKHIR REVISI-Alya Rossa1_removed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (656kB)

Abstract

The lack of modern learning media at SDN Srengseng Sawah 04 Pagi hinders students' understanding of mammal concepts, as traditional methods no longer meet the needs of today's education. To address this issue, researchers developed an Augmented Reality (AR) application that introduces marine mammal species to students at the school. This study employs the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) development method, which includes the stages of concept, design, material collection, production, testing, and distribution. Data was collected through interviews with the Principal, Mrs. Hozanah, and the 5th-grade homeroom teacher, Mrs. Nurul, as well as through observations at the school and study literature. The application features 3D objects, educational content, and interactive quizzes. The results of the study indicate that blackbox testing and questionnaires confirm that the AR Marine Mammals application functions according to system requirements and design. Blackbox testing shows that the application performs well and received an average satisfaction rate of 96%, indicating that respondents found the application to be an enjoyable and effective learning medium.
Keyword : Augmented Reality, Marine Mammal, MDLC, 3D Model

Kurangnya penggunaan media pembelajaran modern di SDN Srengseng Sawah 04 Pagi menghambat pemahaman siswa terhadap konsep hewan mamalia, karena metode tradisional tidak lagi memadai untuk kebutuhan pendidikan saat ini. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) yang memperkenalkan spesies mamalia laut kepada siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang mencakup tahapan konsep, desain, pengumpulan bahan, produksi, uji coba, dan penyebaran. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan Kepala Sekolah Ibu Hozanah dan wali kelas 5 Ibu Nurul, serta melalui observasi di sekolah dan studi literatur. Aplikasi ini menyediakan objek 3D, materi pembelajaran, dan kuis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian blackbox dan kuesioner menegaskan bahwa aplikasi AR Mamalia Bawah Laut berfungsi sesuai kebutuhan dan desain sistem. Pengujian blackbox menunjukkan bahwa aplikasi ini berfungsi dengan baik dan memperoleh rata-rata persentase kepuasan sebesar 96%, yang menunjukkan bahwa responden menganggap aplikasi ini sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.
Kata kunci : Augmented Reality, Mamalia Laut, MDLC, 3D Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Deni Kuswoyo, S.Kom., M.Kom. 2. Prily Fitria Azis, S.Kom., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Keyword : Augmented Reality, Marine Mammal, MDLC, 3D Model Kata kunci : Augmented Reality, Mamalia Laut, MDLC, 3D Model
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Alya Rossa
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:30
Last Modified: 23 Aug 2024 07:30
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9586

Actions (login required)

View Item
View Item