IMPLEMENTASI ASET 2 DIMENSI PADA GAME EDUKASI "TRASH DETECTIVE" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Muhammad Walid Zaki 'Ammar, Zaki (2024) IMPLEMENTASI ASET 2 DIMENSI PADA GAME EDUKASI "TRASH DETECTIVE" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of IMPLEMENTASI ASET 2 DIMENSI PADA GAME EDUKASI "TRASH DETECTIVE" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN] Text (IMPLEMENTASI ASET 2 DIMENSI PADA GAME EDUKASI "TRASH DETECTIVE" SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN)
Preliminary_20210084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Environmental problems, especially those related to waste management, are an urgent issue to be resolved. Effective education regarding waste management can increase public awareness and knowledge from an early age. This research aims to develop and implement 2-dimensional assets in an educational game entitled "Trash Detective" as an interactive learning medium. This game is designed to help children understand the importance of waste management through interesting and educational game mechanisms. The methodology used in this research includes concept design, 2-dimensional asset creation, game development, as well as user testing and evaluation. The evaluation was carried out through testing on a group of children to assess the effectiveness of the game in conveying educational messages about waste management.

Keywords: 2 Dimensional Assets, 2D Artist, Educational Games, Waste Management, Learning Media

Permasalahan lingkungan, khususnya terkait pengelolaan sampah, menjadi isu yang mendesak untuk diselesaikan. Edukasi yang efektif mengenai pengelolaan sampah dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan aset 2 dimensi pada game edukasi berjudul “Trash Detective” sebagai media pembelajaran interaktif. Game ini dirancang untuk membantu anak-anak memahami pentingnya pengelolaan sampah melalui mekanisme permainan yang menarik dan edukatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi perancangan konsep, pembuatan aset 2 dimensi, pengembangan permainan, serta uji coba dan evaluasi terhadap pengguna. Evaluasi dilakukan melalui pengujian pada sekelompok anak-anak untuk menilai efektivitas game dalam menyampaikan pesan edukatif tentang pengelolaan sampah

Kata Kunci: Aset 2 Dimensi, 2D Artist, Game Edukasi, Pengelolaan Sampah, Media Pembelajaraan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Muh. Sakir Haruna, M.T., 2. Refi Yuliana, S.Sos., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Aset 2 Dimensi, 2D Artist, Game Edukasi, Pengelolaan Sampah, Media Pembelajaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: MUHAMMAD WALID ZAKI ‘AMMAR
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:41
Last Modified: 23 Aug 2024 08:41
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9656

Actions (login required)

View Item
View Item