TUGAS AKHIR PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DAN MINAT PEMBELIAN PADA KAFE RUANG TENGAH BOGOR

Farah Khansa, Siti Hanna (2024) TUGAS AKHIR PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DAN MINAT PEMBELIAN PADA KAFE RUANG TENGAH BOGOR. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of Pengaruh Konten Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Pembelian Pada Kafe Ruang Tengah Bogor] Text (Pengaruh Konten Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Pembelian Pada Kafe Ruang Tengah Bogor)
Pengaruh Konten Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Minat Pembelian Pada Kafe Ruang Tengah Bogor.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (800kB)

Abstract

TikTok, sebagai platform media sosial yang fokus pada video pendek, memegang peranan krusial dalam dunia pemasaran. Konten video yang menarik dan penyebaran informasi yang cepat melalui fitur FYP (For You Page) menjadikan TikTok sebagai sarana yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan potensial. Popularitas TikTok sebagai platform media sosial yang sedang naik daun saat ini bisa dimanfaatkan oleh banyak pengusaha, khususnya bisnis kafe, untuk menarik pelanggan. Salah satu jenis konten yang banyak diminati oleh pengguna TikTok yaitu rekomendasi kafe, yang dapat memengaruhi keputusan berkunjung dan minat pembelian. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu pengaruh konten media sosial TikTok terhadap keputusan berkunjung dan minat pembelian di Kafe Ruang Tengah Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan sampel 100 orang responden yang sudah pernah mengunjungi Kafe Ruang Tengah Bogor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konten media sosial TikTok berpengaruh terhadap keputusan berkunjung dan minat pembelian ke Kafe Ruang Tengah Bogor berdasarkan uji t (parsial) adanya pengaruh signifikan dari Konten Media Sosial TikTok (X) terhadap Keputusan Berkunjung (Y1), karena nilai signifikansi 0.000 < 0.05 dan nilai t tabel sebesar 5.029, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dan Konten Media Sosial TikTok (X) terhadap Minat Pembelian (Y2), karena nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t tabel sebesar 5.156, maka H0 ditolak dan H2 diterima.

TikTok, as a social media platform focused on short videos, plays a crucial role in the world of marketing. Engaging video content and rapid information dissemination through the FYP (For You Page) feature make TikTok an effective tool for reaching potential customers. The rising popularity of TikTok as a social media platform can be leveraged by many entrepreneurs, especially in the café business, to attract customers. One type of content that is highly popular among TikTok users is café recommendations, which can influence visiting decisions and purchase interest. Therefore, this study aims to investigate the impact of TikTok social media content on visiting decisions and purchase interest at Café Ruang Tengah Bogor.This research used descriptive quantitative methods with a sample of 100 respondents who had visited the Ruang Tengah Bogor Cafe. Based on the research results, it can be concluded that TikTok social media content influences the decision to visit and purchase interest at Ruang Tengah Bogor Cafe based on the t test (partial) that there is a significant influence of TikTok social media content (X) on visiting decisions (Y1), because the significance value is 0.000 < 0.05 and the t table value is 5.029, then the null H0 is rejected and H1 is accepted. And TikTok Social Media Content (X) on Purchase Interest (Y2), because the significance value is 0.000 < 0.05 and the t table value is 5.156, the null H0 is rejected and H2 is accepted.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1: Dr. Atiek Rohmiyati M.Pd. ; Pembimbing 2: Swastono Putro Prastyo, S.Par., M.Par.
Uncontrolled Keywords: Konten, TikTok, Berkunjung, Content, Visit
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Pengelolaan Perhotelan
Depositing User: Siti Hanna Farah Khansa
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:50
Last Modified: 23 Aug 2024 08:50
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9664

Actions (login required)

View Item
View Item