UJI HEDONIK TERHADAP PRODUK "MOGIES" SEBAGAI INOVASI CAMILAN MANIS BERBAHAN LOKAL

Karisma Indriashi, Shahnaz (2024) UJI HEDONIK TERHADAP PRODUK "MOGIES" SEBAGAI INOVASI CAMILAN MANIS BERBAHAN LOKAL. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif Jakarta.

[thumbnail of UJI HEDONIK TERHADAP PRODUK "MOGIES" SEBAGI INOVASI CAMILAN MANIS BERBAHAN LOKAL] Text (UJI HEDONIK TERHADAP PRODUK "MOGIES" SEBAGI INOVASI CAMILAN MANIS BERBAHAN LOKAL)
TA SHAHNAZ KARISMA INDRIASHI (PLEMINARY).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (442kB)

Abstract

ABSTRACT
The hedonic test is a test in organoleptic sensory analysis which is used to
determine the magnitude of the difference in quality between several similar
products by providing an assessment or score on certain properties of a product
and to determine the level of liking of a product. This research aims to determine
the organoleptic properties and level of acceptance in Mogies products as an
innovation in sweet snacks made from local ingredients. The research method used
in this research is an experimental method using a sensory test system, namely the
hedonic test. From this data, it can be stated that the Mogies product experiment,
control sample and sample X.3, is a formulation that gets superior scores compared
to formulations X.1 and X.2. Therefore, this formulation can be said to be successful
and accepted by the panelists. The author examined the organoleptic properties or
characteristics of a food with semi-trained panelists by looking at four aspects or
indicators, namely appearance, aroma, texture and taste with the respective criteria
described previously. According to the panelists, Mogies products are liked in all
aspects assessed. Almost all of the panelists liked Mogies products
Key words: Hedonic test, mogies product, quantitative methods

ABSTRAK
Uji hedonik merupakan sebuah pengujian dalam analisa sensori organoleptik yang
digunakan untuk mengetahui besarnya perbedaan kualitas diantara beberapa produk
sejenis dengan memberikan penilaian atau skor terhadap sifat tertentu dari suatu
produk dan untuk mengetahui tingkat kesukaan dari suatu produk.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui sifat organoleptik dan tingkat penerimaan pada produk
Mogies sebagai inovasi camilan manis berbahan lokal. Metode penelitian yang
digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen menggunakan sistem uji
sensori yaitu uji hedonik. Dari data tersebut maka dapat dinyatakan eksperimen
produk Mogies sampel kontrol dan sampel X.3 merupakan formulasi yang
mendapatkan nilai unggul dibandingkan formulasi X.1 dan X.2. Maka dari itu,
formulasi tersebut dapat dikatakan berhasil dan diterima oleh lidah para panelis.
Sifat organoleptik atau karakteristik dari suatu makanan yang penulis teliti kepada
para panelis semi terlatih dengan melihat empat aspek atau indikatornya ialah
penampilan, aroma, tekstur dan rasa dengan kriteria masing -masing yang sudah
dijabarkan sebelumnya. Berdasarkan menurut lidah para panelis, produk Mogies
disukai dari seluruh aspek yang dinilai. Para panelis hampir semua menyukai
produk Mogies.
Kata kunci: Uji hedonik, produk mogies, metode kuantitatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1 : Swastono Putro Pirastyo S.Par., M.Par. Pembimbing 2 : Rr. Christiana Mayang Anggraeni Stj, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Key words: Hedonic test, mogies product, quantitative methods Kata kunci: Uji hedonik, produk mogies, metode kuantitatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Pariwisata > Prodi Seni Kuliner
Depositing User: Shahnaz Karisma Indriashi
Date Deposited: 23 Aug 2024 09:06
Last Modified: 23 Aug 2024 09:06
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9677

Actions (login required)

View Item
View Item