PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI”

Yasin Dhaifulah, Arkan (2024) PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA  PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI  “MISI PERJUANGAN ABADI”] Text (PERAN PENATA KAMERA DALAM MENCIPTAKAN VISUAL MULTIKAMERA PADA PROGRAM PERTUNJUKAN LIVE DRAMA TELEVISI “MISI PERJUANGAN ABADI”)
REPOSITORY LAPORAN TA-(Arkan Yasin Dhaifulllah - 21320030) Fix Terbaru banget scan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (585kB)

Abstract

Program televisi, khususnya drama, berusaha keras menarik perhatian penonton masa kini. "Misi Perjuangan Abadi" hadir dengan konsep yang berbeda, mengangkat tokoh bersejarah yang berjasa pada zamannya. Dalam peran sebagai penata kamera, penulis menghadapi tantangan teknis serta kebutuhan akan pengalaman khusus, terutama dalam teknik penataan cahaya dan penguasaan pergerakan serta pengambilan visual gambar pada multikamera. Masalah utama adalah kurangnya pemahaman tentang teknik penataan cahaya dan pengalaman dalam pengoperasian multikamera. Laporan ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penata kamera dalam live drama, khususnya dalam teknik multikamera. Tinjauan pustaka yang disajikan mencakup berbagai aspek penting seperti peran kerja penata kamera, penggunaan multikamera, sudut kamera, jenis pengambilan gambar (type of shot), gerakan kamera, unsur-unsur gambar, komposisi, penataan cahaya, dan teknik pencahayaan. Semua elemen ini memberikan dasar pemahaman yang diperlukan untuk konsep produksi visual yang efektif. Penulisan ini menekankan bahwa penata kamera harus memperhatikan setiap elemen tersebut untuk menciptakan visual yang menarik dan berkualitas dalam program live drama televisi. Dengan memahami dan menguasai teknik-teknik ini, penata kamera dapat menghadirkan visual yang tidak hanya estetis, tetapi juga mendukung narasi cerita dengan lebih baik. Pengalaman dan keahlian dalam mengelola cahaya dan penggunaan multikamera sangat krusial untuk mencapai hasil yang maksimal. Program seperti "Misi Perjuangan Abadi" menuntut kemampuan tinggi dari penata kamera agar dapat memvisualisasikan cerita dengan cara yang paling efektif dan menarik.

Television programs, especially dramas, strive to capture the attention of today's audience. "Misi Perjuangan Abadi" presents a unique concept, highlighting a historical figure who made significant contributions in their time. In the role of a
cameraman, the author faces technical challenges and the need for specialized skills, particularly in lighting techniques and mastering movement and visual capture with multicamera setups. The main issue is the lack of understanding of lighting techniques and experience in operating multicamera systems. This report aims to explore the role of the cameraman in live drama, specifically in multicamera techniques. The literature review covers various essential aspects such as the cameraman's work role, the use of multicameras, camera angles, types of shots, camera movements, visual elements, composition, lighting arrangement, and lighting techniques. These elements provide a foundational understanding necessary for effective visual production concepts. The writing emphasizes that the cameraman must pay attention to each of these elements to create visually appealing and high-quality live drama television programs. By understanding and mastering these techniques, the cameraman can produce visuals that are not only aesthetically pleasing but also enhance the narrative of the story. Experience and expertise in managing lighting and using multicameras are crucial for achieving the best results. Programs like "Misi Perjuangan Abadi" demand high capabilities from the cameraman to visualize the story in the most effective and engaging way possible

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Adryans, S.Si., M.Sn. ; 2. Rusman Latief, M.I.Kom
Uncontrolled Keywords: drama langsung, program televisi, juru kamera, bercerita secara visual, produksi program, pendidikan sejarah, pencahayaan panggung.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Penerbitan > Prodi Penyiaran
Depositing User: Arkan Yasin Dhaifullah
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:47
Last Modified: 26 Aug 2024 04:47
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9770

Actions (login required)

View Item
View Item