PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 5 TENTANG EKOSISTEM

Rachma Juwita, Ratih (2024) PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 5 TENTANG EKOSISTEM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS  ANDROID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK  SEKOLAH DASAR KELAS 5 TENTANG EKOSISTEM] Text (PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN BAGI ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 5 TENTANG EKOSISTEM)
LAPORAN TUGAS AKHIR MAHASISWA D3 MULTIMEDIA_Ratih Rachma Juwita.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (525kB)

Abstract

Grade 5 students in elementary school learn about ecosystems only relying on books from the government and not using technology. This research aims to create an application to recognize ecosystems for grade 5 students and build learning media that can support student learning processes, as well as help teachers create new and innovative teaching methods. The author wants to provide a solution by creating a learning application that is in accordance with the curriculum being implemented. The method used in this research is a descriptive qualitative method. By using data collection techniques in the form of interviews, observation and literature study. And with 3 stages, namely Pre-Production, Production and Post-Production. After carrying out all the stages, the author tested the feasibility of the application on 20 students and from the test results obtained a final score of 92.3%, therefore making an Android-based learning application called Getting to Know the Ecosystem is very suitable for use by students.
Keywords: Learning Applications, Getting to Know the Ecosystem, Learning Media

Siswa kelas 5 di SD mempelajari tentang ekosistem hanya mengandalkan buku dari pemerintah dan kurang menggunakan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi mengenal ekosistem kepada siswa kelas 5 dan membangun media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar siswa, juga membantu guru menciptakan metode mengajar yang baru dan inovatif. Penulis ingin memberikan solusi dengan membuatkan aplikasi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengambilan data berupa wawancara, observasi dan studi Pustaka. Dan dengan 3 tahap yaitu Praproduksi, Produksi dan Pascaproduksi. Setelah melakukan semua tahapan, penulis menguji kelayakan aplikasi kepada 20 siswa dan dari hasil pengujian mendapatkan nilai akhir 92,3%, maka dari itu pembuatan Aplikasi pembelajaran berbasis android yang bernamakan Mengenal Ekosistem ini sangat layak digunakan oleh siswa.
Kata Kunci: Aplikasi Pembelajaran, Mengenal Ekosistem, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Hafid Setyo Hadi, MT., Sari Setyaning Tyas, S.Kom., M.Ti,
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Pembelajaran, Mengenal Ekosistem, Media Pembelajaran Learning Applications, Getting to Know the Ecosystem, Learning Media Learning Applications, Getting to Know the Ecosystem, Learning Media
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ratih Rachma Juwita
Date Deposited: 29 Aug 2024 03:55
Last Modified: 29 Aug 2024 03:55
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9791

Actions (login required)

View Item
View Item