IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI

Nisa, Ulya (2024) IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI] Text (IDENTIFIKASI DEFECT SMART CARD MANDIRI INHEALTH DALAM UPAYA MENCAPAI STANDAR KUALITAS PRODUK DI PERUM PERCETAKAN NEGARA RI)
Tugas Akhir Ulya Nisa (2).PDF
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

In the rapidly advancing digital era, technology has permeated various aspects of life. Smart Cards have become an integral part of security systems, identification, and electronic transactions in various sectors such as finance, healthcare, and transportation. A Smart Card is a plastic card with an integrated circuit capable of storing and processing data, allowing for functions such as user authentication, sensitive information storage, and electronic financial transactions. The data collection methods used include direct observation at Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), literature review, identification methods, and interviews with PNRI production staff. The objective of this final project is to identify the issues causing defects in the printing of Mandiri Inhealthh Smart Cards and to address these issues by ensuring a clean environment and regular maintenance of the machinery.
Keywords: Smart Card, Defect, Mitigation.

Dalam era digital yang pesat, teknologi telah meresap ke berbagai aspek kehidupan. Smart Card telah menjadi bagian integral dari sistem keamanan, identifikasi, dan transaksi elektronik di berbagai sektor seperti keuangan, kesehatan, dan transportasi. Smart Card adalah kartu plastik dengan sirkuit terintegrasi yang mampu menyimpan dan memproses data, memungkinkan fungsi-fungsi seperti otentikasi pengguna, penyimpanan informasi sensitif, dan transaksi keuangan elektronik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung di Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI), studi pustaka, metode identifikasi, dan wawancara dengan staf produksi PNRI. Tujuan dari Tugas Akhir ini yaitu mengidentifikasi masalah yang menyebabkan defect pada hasil cetak Smart Card Mandiri Inhealth dan cara menanggulanginya dengan memastikan kebersihan lingkungan serta perawatan rutin terhadaap mesin.
Kata Kunci : Smart Card, Defect, Penanggulangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Drs. A. Sarmada, ST, M.Pd 2. Carissa Dwilanisusantya, S.KM., M.Si
Uncontrolled Keywords: Smart Card, Defect, Mitigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Teknik Grafika > Prodi Teknik Grafika
Depositing User: Ulya Nisa
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:24
Last Modified: 29 Aug 2024 06:24
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item
View Item