INTEGRASI METODE FLAT ART STYLE 2D DENGAN 3D LOW POLY PADA VISUAL PENGEMBANGAN GAME SIMULASI EDIKASI “KEBUN MINIKU”

Izzatie Rahmafillah, Fathiah (2024) INTEGRASI METODE FLAT ART STYLE 2D DENGAN 3D LOW POLY PADA VISUAL PENGEMBANGAN GAME SIMULASI EDIKASI “KEBUN MINIKU”. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of INTEGRASI METODE FLAT ART STYLE 2D DENGAN 3D LOW POLY PADA VISUAL PENGEMBANGAN GAME SIMULASI EDIKASI  “KEBUN MINIKU”] Text (INTEGRASI METODE FLAT ART STYLE 2D DENGAN 3D LOW POLY PADA VISUAL PENGEMBANGAN GAME SIMULASI EDIKASI “KEBUN MINIKU”)
Preliminary_20210025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (837kB)

Abstract

Indonesia is a country known as the lungs of the world because Indonesia
has a very large forest area, with these various advantages of course Indonesia
faces problems such as waste, sanitation, drainage which cause environmental
damage. With the increasingly rapid development of technology in the world of
education, learning materials with a combination of education and entertainment
are very necessary which can be an effective tool for making people aware of the
environment, among today's children. This writing is intended to produce a product
in the form of an educational simulation game. This game is intended for children
as an effort to campaign for the planting movement in a small way and scale,
namely at home. This game is also intended to test the results of integrating 2D flat
art style with low poly 3D to produce visuals that are attractive, effective and have
good performance. In developing this game the author also used the Game
Development Life Cycle method as a reference in product development. It is hoped
that by creating this game players can increase their desire to learn and care for
the environment by planting.

Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai paru-paru dunia karena
indonesia memiliki kawasan hutan yang sangat luas, dengan berbagai keunggulan
tersebut tentu Indonesia menghadapi permasalahan seperti, sampah, sanitasi,
drainasi yang menimbulkan kerusakan lingkungan. Dengan semakin pesatnya
perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat diperlukan materi
pembelajaran dengan kombinasi antara edukasi dan hiburan yang dapat menjadi
alat yang efektif untuk menyadarkan masyarakat terhadap lingkungan, dikalangan
zaman anak sekarang. Penulisan ini ditujukkan untuk menghasilkan sebuah produk
berbentuk game simulasi Edukasi. Game ini ditujukkan untuk anak- anak sebagai
upaya mengampanyekan gerakan menanam dengan cara dan skala yang kecil yaitu
dirumah. Game ini juga ditujukkan untuk menguji hasil integrasi flat art style 2D
dengan low poly 3D untuk menghasilkan visual yang atraktif, efektif serta
mempunyai performa yang baik. Dalam pengembangan game ini penulis juga
menggunakan metode Game Development Life Cycle sebagai acuan dalam
pengembangan produk. Diharapkan dengan tercipta nya game ini pemain dapat
meningkatkan rasa keinginan belajar dan kepedulian terhadap lingkungan dengan
cara menanam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing 1. Prily Fitria Aziz, M.Kom 2. Herly Nurrahmi, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Game, Simulasi, Flat 2D, Low Poly 3D, GDLC
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Permainan
Depositing User: Fathiah Izzatie Rahmafillah
Date Deposited: 30 Aug 2024 03:39
Last Modified: 30 Aug 2024 03:39
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/9806

Actions (login required)

View Item
View Item