PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY

Ahmad, Ahmad (2024) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Media Kreatif.

[thumbnail of PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY] Text (PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN UNITY)
Naskah Repository.pdf
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (958kB)

Abstract

Abstract

Arabic has an important role for Muslims because it is used to understand Islam and the Qur'an. However, learning Arabic often faces obstacles, such as teaching methods that are less efficient and effective by students. Some teachers at TPA Nurul Amin still use the lecture method in the teaching and learning process which causes students to be less active and bored so that interest in learning decreases. The use of innovative and technology-based learning media can increase learning effectiveness and student interest. Thus, this research aims to design multimedia-based Arabic learning media to improve the quality of learning. In this research, the author uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method in designing applications. The test results received good responses from students and teachers. This application creates interesting and fun learning about Arabic language learning and increases students' interest in learning Arabic vocabulary recognition through interactive media.

Abstrak

Bahasa Arab memiliki peran penting bagi umat Muslim karena digunakan untuk memahami agama Islam dan kitab Al-Qur'an. Namun, pembelajaran bahasa Arab seringkali menghadapi kendala, seperti metode pengajaran yang kurang efesien dan efektif oleh murid. Sebagian guru di TPA Nurul Amin masih menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar yang banyak menyebabkan siswa kurang aktif dan bosan sehingga minat belajar menurun. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan berbasis teknologi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan minat murid. Sehingga, penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran bahasa Arab berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam perancangan aplikasi. Hasil pengujian ini mendapat respon baik dari murid dan guru. Aplikasi ini menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentang pembelajaran bahasa Arab dan meningkatkan minat belajar murid pada pengenalan kosakata bahasa Arab melalui media interaktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1. Herly Nurahmi, S.Si, M.Kom. 2. Dwi Mandasari Rahayu,S.P., MM.
Uncontrolled Keywords: Keywords: Arabic, Learning Media, Multimedia Development Life Cycle, Application Kata Kunci: Bahasa Arab, Media Pembelajaran, Multimedia Development Life Cycle, Aplikasi
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Polimedia Jakarta > Jurusan Desain > Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia
Depositing User: Ahmad Ahmad
Date Deposited: 30 Aug 2024 07:07
Last Modified: 30 Aug 2024 07:07
URI: http://repository.polimedia.ac.id/id/eprint/10235

Actions (login required)

View Item
View Item